Jumat, 31 Oktober 2014 | 20:26 WIB
LINTAS JABAR

147 Pramuka dari 16 Negara Ikuti Jambore

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Selasa, 26 Maret 2013 | 21:24 WIB

INILAH, Cianjur - Sebanyak 147 peserta dari 16 negara mengikuti Jambore Pramuka Perkemahan Perdamaian Dunia di Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur, Selasa (26/3/2013). Kegiatan direncanakan berlangsung selama tiga hari.

Kakwarnas Pramuka, Brata Tryana Hardjosubroto mengatakan, Jambore Pramuka Perkemahan Perdamaian Dunia merupakan kegiatan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Tujuannya, agar para peserta memahami dan bisa membaur dengan masyarakat.

"Sebetulnya ada 40 negara yang mengikuti Jambore Pramuka Perkemahan Perdamaian Dunia. Hanya saja dibagi-bagi. Sebagian di Cianjur sebanyak 16 negara, sisanya di Kampung Domba Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dan Babakan Jakarta Selatan," katanya.

Menurutnya, para peserta mengikuti kegiatan selama tiga malam. Mereka ditempatkandi rumah–rumah penduduk agar terjalin interaksi saling memahami dan bersahabat dengan masyarakat. "Mereka juga akan diberikan pemahaman atau diajari tata cara membuat dan makan makanan khas, belajar seni dan budaya yang berada Cianjur," ujarnya.

Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh memaparkan, 16 negara yang mengirimkan perwakilannya di antaranya berasal dari Thailand, Saudi Arabia, Mexico, Malaysia, Kamboja, Oman, India, Singapura, Taiwan, Kazakstan, Vietnam, Irlandia, Brunei Darussalam, Philipina, dan Australia. "Kami bangga Cianjur menjadi salah satu tempat yang dijadikan perkemahan perdamaian dunia," tegasnya.

Dia memaparkan, keberadaan pramuka di Cianjur semakin eksis dengan dicanangkannya sebagai kabupaten pramuka. Hal ini tercermin dari meningkatnya minat kaum muda terhadap gerakan pramuka, dan semakin banyaknya kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan, mulai dari prasiaga hingga di tiap–tiap organisasi perangkat daerah (OPD) telah terbentuk keanggotaan pramuka.

"Perkembangan ini sungguh sangat menggembirakan serta positif, dan semoga pula menjadi kekuatan untuk tercapainya visi dan misi gerakan pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia pada masa depan," tegasnya. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Pram Tolak DPR Tandingan
DRAMA pimpinan DPR tandingan terus bergulir. Namun, politikus PDIP Pramono Anung justru menolak rencana itu.
ASPIRASI + Indeks