Minggu, 26 Oktober 2014 | 04:07 WIB
LINTAS JABAR

Daftar Caleg, Kader PBB Harus Rekrut 50 Anggota

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Kamis, 28 Maret 2013 | 07:30 WIB

INILAH, Garut – Beban berat dibebankan kepada setiap kader yang mendaftarkan diri menjadi calon legislatif DPRD Garut dari Partai Bulan Bintang. Mereka harus merekrut setidaknya 50 orang untuk menjadi anggota partai bernomor urut 14 itu.

Ketua Komite Pemenangan Pemilu (KAPU) DPC PBB Garut Diman Sudirman mengatakan, syarat tersebut wajib dipenuhi oleh setiap kader yang ingin lolos pada Daftar Calon Sementara (DCS) dari PBB. Menurut dia, masing-masing balon harus dapat merekrut sedikitnya 50 orang yang menyatakan mendukung pencalonannya. Ke50 orang itu pun harus mau menjadi anggota PBB.

"Untuk lolos terdaftar pada DCS ke KPU, setiap calon harus menyertakan daftar nama lengkap dengan KTP-nya. Yang 50 orang ini nanti diberi keanggotaan partai. Ini untuk menunjukkan keseriusan adanya dukungan, sekaligus sebagai modal awal bagi yang bersangkutan. Minimal calon itu dapat merekrut anggota keluarganya," terang Diman kepada INILAH, Rabu (27/3/2013).

Selain daftar nama, kata Diman, hal lain yang juga menjadi pertimbangan calon yakni menyangkut keaktifan, pengalaman organisasi, dan karya tulis. Hingga kini, tutur Dirman, ada 60 kader yang sudah mendaftar ke PBB sebagai bakal calon legislator. Untuk mencapai kuota 100% DCS, rencananya mereka akan diikutkan pada perkaderan selama empat hari, mulai Jumat (29/3/2013) mendatang.

Sementara itu, pada pemilu legislatif 2014, pihaknya menargetkan perolehan suara 150% dibanding pemilu lalu. Ini setara dengan 5 kursi di DPRD Kabupaten Garut. Pada pemilu 2009, PBB hanya mendapatkan 2 kursi. “Target kita pada Pileg 2014, dapat satu kursi di setiap dapil," tandasnya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Garut telah menetapkan sebanyak 5 daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2014. Total kursi yang diperebutkan mencapai 50 buah.

Diman mengaku pihaknya optimistis dapat berbicara banyak pada Pileg 2014. Apalagi pembinaan partai dan penyiapan kader-kader untuk maju pada Pileg 2014 sejak jauh hari dijalankan tanpa terpengaruh status PBB yang sempat terancam tak ikut Pemilu.

"Alhamdulillah kita tak terjebak kondisi partai yang bersengketa, lolos atau tidaknya di KPU maupun PTUN. Sejak Juni 2012, kita terus melakukan perekrutan calon anggota legislatif, sesuai instruksi DPP ke setiap DPW dan DPC agar tak ada penundaan perekrutan calon," ujarnya. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks