Jumat, 25 April 2014 | 01:42 WIB
LINTAS JABAR

Demokrat Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati Garut

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Selasa, 9 April 2013 | 06:30 WIB

INILAH, Garut - Partai Demokrat akhirnya membuka penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Garut untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Garut pada 8 September 2013. Padahal sebelumnya, partai berlambang bintang mercy tersebut sempat menyatakan tidak akan melakukan penjaringan melalui konvensi melainkan menyerahkan sepenuhnya pada hasil penilaian dari Tim 9 (Sembilan).

Pendaftaran bakal calon bupati tersebut berlangsung selama 11 hari, mulai 8 April hingga 18 April mendatang. "Memang untuk mekanisme penetapan balon bupati, itu semua bergantung pada kebijakan Tim 9. Siapa nanti yang akan muncul sebagai bakal calon, apakah di posisi Garut satu (Bupati Garut) atau Garut dua (Wakil Bupati), dan apakah berkoalisi atau tidak. Kita hanya menangani pendaftaran balon dalam hal kelengkapan administrasi," kata Ketua Tim Penjaringan Partai Demokrat Garut Oman Abdurrahman, Senin (8/4/2013).

Tim 9 sendiri, lanjutnya, tergabung atas unsur pengurus DPC Partai Demokrat Garut sebanyak 3 orang, DPD Partai Demokrat Jabar 3 orang, dan DPP Partai Demokrat 3 orang. Anggota Komisi A DPRD Garut itu menyebutkan, pada hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati/Wabup Garut itu hanya ada satu orang yang mendaftar, atas nama Danu Permana, seorang wiraswastawan asal Kecamatan Bungbulang.

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat Garut Ahmad Bajuri maupun Wakil Ketua IV DPC Partai Demokrat Garut Asep Lesmana bin Achlan, yang digadang-gadang akan maju pada Pilbup Garut 2013 masih belum mendaftar. Begitu pun dengan sejumlah nama lainnya.

Demokrat sendiri merupakan satu-satunya partai dari sepuluh partai yang memiliki kursi di DPRD Garut yang bisa mengusung sendiri satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Garut. Demokrat memiliki 10 kursi di DPRD Garut. Sedangkan syarat minimal parpol untuk bisa mengusung sendiri satu pasangan calon hanya 8 kursi atau 15% dari 50 kursi di DPRD Garut.

Asep Lesmana hanya tertawa ketika disinggung soal penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati Garut. "Nantilah pada saatnya..," ujarnya.

Demikian juga halnya Ahmad Bajuri. "Duka (Entah)! Kumaha saena we(Bagaimana bagusnya saja)..," katanya. Bajuri sebelumnya menegaskan bila Partai Demokrat tidak akan melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati secara terbuka melainkan tertutup, yakni cukup menyeleksi nama-nama balon dari internal partai serta hasil penyerapan dilakukan Tim 9 atas penilaian masyarakat terhadap nama yang dinilai laik menjadi bakal calon.

Bajuri sendiri sempat menyatakan siap maju pada Pilbup Garut 2013 karena banyaknya dorongan aspirasi masyarakat. Dia bahkan mengklaim sudah berkomunikasi dengan DPD dan DPP Partai Demokrat. Sehingga,dia tak lagi sungkan memasang sejumlah baliho dan spanduk di sejumlah tempat terkait pencalonannya itu. [den]

Berita Lainnya
1 Komentar
moh. yamin @ Kamis, 18 April 2013 | 21:07 WIB Alhamdulillah Sayah Telah mendaftarkan diri di panitia pendaftaran bakal calon Bupati/Wakil Bupati Garut Partai Demokrat dengan nomor urut pendaftaran 09
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Wajah Baru Parlemen Meragukan
WAJAH baru bakal mengisi kursi DPR RI lima tahun ke depan. Mampukah mereka ‘bersuara’ di parlemen?
KARIKATUR + Indeks