Sabtu, 1 November 2014 | 06:34 WIB
LINTAS JABAR

Ketinggian Waduk Jatiluhur Melebihi Ambang Batas

Oleh: Asep Mulyana
Pakuan - Jumat, 19 April 2013 | 08:15 WIB

INILAH, Purwakarta - Kepala Bagian Pengelolaan Data Kuantitas Air PJT 2 Jatiluhur Reni Mayasari mengatakan, tinggi muka air (TMA) Waduk Jatiluhur mencapai 107,64 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Adapun air masuk yang ke waduk, sebesar 459,99 meter kubik per detik. Sedangkan, air yang keluar relatif lebih kecil, yakni hanya 351,57 meter kubik per detik. “Air yang masuk ke Jatiluhur dan keluar ini tidak seimbang. Makanya, TMA terus berada di angka 107 mdpl, bahkan melebihi ambang batas normal sekitar 64 cm,” jelas Reni, Kamis (18/4/2013).

Terkait dengan tingginya air di wilayah hilir, menurut dia, disebabkan kondisi debit Sungai Cibeet sangat besar. Puncak debit sungai itu, sebesar 795,769 meter kubik per detik. Kemudian, debit Sungai Citarum saat ini, sebesar 800,50 meter kubik per detik. Ditambah lagi dengan debit Sungai Cikao yang rata-rata 200 meter kubik per detik.

“Jadi, sangat wajar bila debit di kedua sungai yang melintasi Karawang dan Bekasi itu cukup besar,” imbuh dia.

Dengan kata lain, tambah dia, besarnya debit di kedua sungai itu bukan karena PJT menggelontorkan air ke hilir lebih besar. Melainkan, debit di kedua sungai itu naik akibat faktor cuaca. Mengingat, intensitas hujan saat ini cukup tinggi.

“PJT, sampai saat ini masih meminimalisasi air yang dikeluarkan. Hal itu, guna menghindari banjir di wilayah hilir,” pungkasnya. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
KOALISI JOKOWI TERBELAH
MAKIN runcing saja kisruh di tubuh DPR. Kubu KIH tetap menggelar rapat paripurna perdana DPR tandingan. Namun Pramono Anung tak mau hadir.
ASPIRASI + Indeks