Rabu, 27 Agustus 2014 | 19:56 WIB

Tahapan Pembukaan Pintu Tol ke BLA Sudah Lengkap

Oleh:
Metro bandung - Jumat, 19 April 2013 | 10:00 WIB
istimewa

INILAH.COM, Bandung - Pemkot Bandung mendesak pemerintah pusat untuk segera membuka dan merealisasikan pintu tol Purbaleunyi di KM-149 untuk memudahkan akses ke Gelora Bandung Lautan Api di kawasan Gedebage Kota Bandung.

"Saya berharap pembangunan pintu tol di KM-149 segera direalisasikan, semua perizinan dan tahapannya sudah beres. Tinggal realisasinya saja. Kami mendesak agar segera direalisasikan," kata Wali Kota Bandung, Dada Rosada, Kamis.

Menurut Dada, akses pintu tol terebut selain untuk memudahkan akses menuju ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) yang akan segera selesai, juga untuk memudahkan akses bagi arus lalu lintas ke kawasan Gedebage Kota Bandung dan Majalaya Kabupaten Bandung.

"Pemkot Bandung sudah mengajukan pembukaan pintu tol itu sejak lama, terlebih akan menggelar PON XIX, perlu dipercepat," kata Dada Rosada.

Sementara itu Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung, Rusjaf Adimenggala menyatakan tahapan untuk pembukaan pintu tol KM-149 itu sudah lengkap, mulai dari feasibility studi, Amdal serta administrasi lainnya.

Jalur itu rencananya mengakses ke jalur pengembangan kawasan Bandung Timur. Terlebih akan diselenggarakanya PON XIX/ 2016, yang memerlukan akses ke Stadion Gelora BLA untuk pembukaan dan penutupan ajang olahraga itu.

"Semuanya sudah selesai, namun wewenangnya ada di pemerintah pusat dan rencananya akan ditangani oleh PT Jasa Sarana untuk pembangunan pintu tol itu, karena tersambung ke akses Jalan Tol Dalam Kota Bandung," kata Rusjaf Adimenggala.

Ia menyebutkan, pembangunan pintu tol itu akan dilakukan dengan sistem simpang susun seperti pintu-pintu tol lainnya di Jalur Purbaleunyi. Untuk pembagunan interchange itu dibutuhkan areal seluar 20 hektar masing-masing 10 hektar di wilayah Kabupaten Bandung dan 10 hektar di wilayah Kota Bandung.

"Masalahnya sekarang tanahnya belum dibebaskan baik di wilayah Kota maupun Kabupaten Bandung, teknisnya kami tidak tahu karena akan ditangani BUMD Jabar, PT Jasa Sarana dan tentunya melibatkan pihak terkait dari pemerintah pusat dan PT Jasa Marga," kata Rusjaf Adimenggala.

Bila pintu tol KM-149 sudah dioperasikan, maka akses jalur masuk ke jalan Gelora BLA di KM-151 yang saat ini digunakan untuk akses kendaraan pendukung pembangunan stadion itu akan ditutup.

"Bila pintu tol KM-149 sudah dioperasikan, maka pintu tol di KM-151 akan ditutup," kata Rusjaf menambahkan. ant [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
ANTREAN BBM KIAN MENGGILA
SEJUMLAH SPBU di Kota Bandung mengalami kekosongan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium subsidi, Selasa (26/8). Polisi pun siap menindak para penimbun.
ASPIRASI + Indeks