Senin, 24 November 2014 | 00:02 WIB
LINTAS JABAR

12 Balon Bupati/wabup Garut Mendaftar ke Demokrat

Oleh: Nul Zainul M
Priangan - Jumat, 19 April 2013 | 16:06 WIB
ilustrasi

INILAH, Garut- Hingga berakhirnya masa pendaftaran bakal calon (balon) Bupati/Wakil Bupati Garut periode 2014-2019 lewat DPC Partai Demokrat, sampai pukul 24.00 WIB Kamis (18/4) ada 12 nama yang mendaftar.

Kedua belas nama balon Bupati/Wabup Garut tersebut yakni Dani Permana (wiraswasta), Deddy Firyadie (pengusaha), Ahmad Kosasih (dosen/PNS), Ahmad Bajuri (Ketua DPC Partai Demokrat Garut/Ketua DPRD Kabupaten Garut), Fahrurrozi Edward (Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Garut), Ahmad Fajar Kunaefi (pengusaha/aktivis lingkungan), Rahmat Wijaya (PNS/staf ahli Bupati Garut), Rudi Gunawan (advokat), Mohammad Yamin (PNS/Kepala Kelurahan Pasirkaliki Bandung), Erwin Warli (wiraswasta), Asep Rahmat Kurnia Jaya (pengusaha/politisi Partai Amanat Nasional), dan Agus Gunawan (pengusaha).

"Untuk mengetahui keseriusan mereka dalam pencalonan, baru akan diketahui dari pengembalian formulir dan kelengkapan berkas lamarannya. Sampai pukul 10.00 WIB hari ini (Jum'at, 19/4), baru ada satu yang mengembalikan formulir, atas nama Rahmat Wijaya. Balon sendiri yang mengembalikan formulirnya langsung ke panitia," kata Ketua Tim Penjaringan Balon Bupati/Wakil Bupati Garut DPC Partai Demokrat Kabupaten Garut, Oman Abdurahman, kepada INILAH di sekretariat pendaftaran DPC Partai Demokrat Garut Jalan Proklamasi 01, Jum'at (19/4).

Masa pengembalian formulir balon Bupati/Wakil Bupati Garut sendiri berlangsung mulai Jum'at hingga Selasa (19-23/4).

Oman menuturkan, pihaknya hanya akan menyeleksi para balon secara administratif, termasuk validasi, dan verifikasi faktual data.

"Kita juga akan mengecek ke lapangan, apakah balon yang mendaftar ini sedang dicalonkan atau mencalonkan ke partai lain atau tidak. Kalau ternyata ditemukan dicalonkan atau mencalonkan ke partai lain, otomatis kita coret. Komitmen ini sudah kita sampaikan ke para balon," kata Oman, didampingi Wakil Ketua I, Budi Rahardian, dan Wakil Ketua II, Ojang Sobandi.

Hasil seleksi, validasi, dan verifikasi data administrasi tersebut selanjutnya diserahkan ke Tim 9 (sembilan). Tim 9 itulah yang berwenang menentukan, siapa di antara nama balon yang berhak diusulkan sebagai balon Bupati/Wakil Bupati Garut terpilih. Begitu juga soal kemungkinan mengusung satu paket pasangan balon atau berkoalisi dengan partai lain.

"Ada beberapa aspek dijadikan dasar penilaian Tim 9, termasuk hasil polling atau survey ke publik," kata Oman yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Garut.

Oman menyebutkan, di antara 12 nama balon terdapat 3 nama di antaranya mendaftar sebagai balon Wakil Bupati Garut. Mereka yaitu Dani Permana, Asep Rahmat Kurnia Jaya, dan Agus Gunawan.

Budi Rahardian yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Garut berharap dengan dibukanya penjaringan balon dapat memunculkan calon Bupati/Wakil Bupati Garut usungan Partai Demokrat yang dapat diterima seluruh masyarakat Garut.

Penelusuran INILAH, dari 12 nama balon mendaftar ke Partai Demokrat itu sebanyak 6 orang di antaranya terbilang kader internal partai. Namun nama Asep Lesmana bin Achlan hingga pendaftaran balon berakhir juga mendaftar.

Politisi yang naik daun sebagai Ketua Panitia Khusus terkait kasus pelanggaran etika dan perundang-undangan dilakukan Bupati Garut Aceng HM Fikri dengan kawin sirinya itu sempat digadang-gadang sebagai salah satu balon kuat untuk Bupati/Wakil Bupati.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Ketua (Ketua DPC Partai Demokrat Garut Ahmad Bajuri) tadi malam (Kamis, 18/4). Dia menyadari ada beberapa kelemahan dan siap diperbaiki. Kami sepakat mendorong satu saja supaya solid," kata Asep. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks