Selasa, 23 Desember 2014 | 06:22 WIB
PENDIDIKAN

Tingkatkan Minat Baca, Bapusipda Keliling Sekolah

Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
Umum - Selasa, 23 April 2013 | 06:15 WIB

INILAH, Bandung - Sebuah mobil yang didesain menjadi perpustakaan tiba di SDN Pelita Jalan Rajamantri Kota Bandung. Tak lama, puluhan siswa di sekolah itu menyerbu mobil bertuliskan Words on Wheels Bandung (WOW) itu.

Santika, siswi kelas II di sekolah itu mengaku memang sudah lama mendengar keberadaan mobil perpustakaan keliling itu. Dia pun mengaku tidak sabar menunggu kedatangan perpustakaan keliling yang datang ke sekolahnya setiap minggu keempat setiap bulannya.

"Saya sudah lama menunggu mobil itu, saya ingin membaca buku berjudul Misteri Kabah,” ujarnya.

Perpustakaan keliling WOW merupakan program kemitraan antara Singapore International Foundation (SIF) dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jawa Barat. Mobil ini mengunjungi 15 sekolah di Kota Bandung secara teratur.

Di dalam mobil, tersedia ratusan literatur buku bahasa Inggris dan bahasa Indonesia bagi siswa siswi. Pustakawan Bapusipda yang bertugas, Inne Wijaksana, terlihat sedikit kewalahan melihat respons siswa-siswi ini.

“Setiap kali kami mengunjungi sekolah, saya tersentuh melihat antusiasmemereka untuk membaca dan meminjam lebih banyak buku,” tuturnya.

Di tempat terpisah, puluhan siswa memenuhi sebuah ruang kelas untuk mendengar sesi storytellingdari para relawan SIF yang tergabung dalam Singapore International Volunteers (SIV). Para siswa mendengar cerita berjudul Di Mana Beruang Saya?" yang disajikan dalam bahasa Inggris dengan gambar berwarna-warni.

Kepala SDN Pelita Chepi Rustandi mengatakan, tim SIFakan bercerita dari kelas ke kelas atau bermain permainan interaktif. "Ini merupakan latihan bahasa Inggris yang sangat baik untuk anak-anak," katanya.

Diketahui, ada sekitar 9 relawan SIV datang ke Kota Bandung untuk berbagi pengalaman dengan siswa-siswi SD dan SMP. Salah satunya Far'ain Binti Jafar. Relawan asal Singapura berusia 25 tahun ini mengaku terpikat oleh anak-anak karena sangat antusias dan banyak tertawa. "Kami menjadi merasa senang untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat di sini," kata Far'ain.

Hal berbeda dilakukan di SMPN 4 Bandung. Di sekolahi itu, para relawan melakukan permainan pembelajaran yang interaktif. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok harus membuat struktur bangunan tertinggi dari sedotan.

Dihubungi terpisah, Kepala Bapusipda Jabar Enny Heryani Ratnasari Soebari menjelaskan, program ini akan menjangkau lebih banyak sekolah karena sangat terasa manfaatnya dalam meningkatkan kebiasaan membaca anak-anak dan pengetahuan mereka. Juga memperkuat kemitraan antara SIF dan BAPUSIPDA, serta mendorong perusahaan untuk melakukan program-program corporate social responsibility(CSR) di sektor pendidikan, khususnya layanan perpustakaan dan membaca.[den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
5.000 WARGA MENGUNGSI
HAMPIR 5.000 warga mengungsi karena banjir. Pemerintah diminta tidak berbelit-belit dalam menyalurkan bantuan.
ASPIRASI + Indeks