Rabu, 3 September 2014 | 01:50 WIB
PENDIDIKAN

ITB-Kemendag Buka Prodi D3 Akademi Metrologi

Oleh: Astri Agustina
Perguruan tinggi - Senin, 29 April 2013 | 16:30 WIB
Institut Teknologi Bandung (ITB) - inilahkoran.com/syamsydin nasoetion

INILAH, Bandung - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan menginisiasi pendirian perguruan tinggi kedinasan setingkat Diploma 3 untuk program studi Metrologi dan Instrumentasi.

Program tersebut untuk menyikapi perkembangan teknologi khususnya di bidang kemetrologian dan sepenuhnya diselenggarakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrologian (PPSDMK) Kemendag.

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, kerjasama ini diarahkan untuk membangun kembali pendidikan vokasi kementrologian yang lulusannya sangat dibutuhkan pada saat ini dan mendatang.

"Hal ini dipicu oleh perkembangan perdagangan yang kian marak diterpa isu-isu," ujar Gita saat ditemui usai kuliah umum dengan tema teknologi, demokrasi, dan perlindungan konsumen di Aula Barat ITB, Jalan Ganeca Kota Bandung, Senin (29/4/2013).

Isu tersebut, terkait perlindungan konsumen dengan standar alat ukur dan pengukuran yang berbasis teknologi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang disepakati secara internasional dengan asas demokrasi global.

Piagam kerjasama ditandatangai Sekretaris Jenderal Kemendag, Gubaryo dan Rektor ITB, Akhmaloka. Dalam piagam tersebut, ITB dipercaya Kemendag untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma 3 Akademi Metrologi sebanyak tiga angkatan yang terdiri dari 150 mahasiswa. Beberapa bagian dari proses belajar, akan dilaksanakan di Balai Pendidikan Pelatihan Kementrologian Bandung.

Sementara itu, Sekjen Gunaryo menuturkan, kerjasama di bidang pendidikan vokasi ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 2009 silam dan akan berakhir pada Juni 2014.

Kerjasama ini dilakukan melalui program Adhoc Diploma III Metrologi dan Instrumentasi yang telah meluluskan satu angkatan dan telah terserap sebagian besar di sektor pmerintah sebagai kandidat Penera maupun Pranata Laboratorium kementrologian baik di daerah maupun pusat.

"Penandatanganan piagam kerjasamaini merupakan perpanjangan kerjasama yang diarahkan pada dukungan dan bimbingan pihak ITB. Hal itu dimaksudkan untuk membangun kembali pendidikan vokasi kementrologian yang dimiliki Kemendag sejak tahun 1950 yang pada saat tersebut berada dibawah bimbingan ITB," jelas Gunaryo.[ang]

Berita Lainnya
1 Komentar
aep wakim @ Senin, 6 Mei 2013 | 12:15 WIB selamet atas di bukanya program studi D3 Akademi Metrologi, tapi mulai tahun kapan menerima mahasiswa barunya...? dimana tempat pendaftarannya...?
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
DPRD Baru Kawal Pemprov
SEBANYAK 100 anggota DPRD Jabar resmi dilantik. Ahmad Heryawan berharap, para wakil rakyat bisa bersanding membangun Jabar.
ASPIRASI + Indeks