Sabtu, 20 September 2014 | 20:59 WIB
LINTAS JABAR

UN Tingkat SD di Ciamis Diwarnai Ketidakberesan

Oleh: Andriansyah
Priangan - Senin, 6 Mei 2013 | 11:09 WIB
ilustrasi

INILAH, Ciamis - Pelaksanaan ujian nasional (UN) di wilayah Kabupaten Ciamis untuk tingkat SD/MI yang digelar hari ini, Senin (6/5/2013) diwarnai kekurangan lembar jawaban.

Hal tersebut sempat membuat panik penyelenggara UN di tingkat UPTD (unit pelaksana teknis daerah).

Menurut Kepala UPTD Dinas Pendidikan wilayah Kecamatan Sidamulih, Agus Amsar kekurangan soal lembar jawaban ujian nasional (LJUN) di amplop besar.
"Ada empat UPTD yang mengalami kekurangan soal, diantaranya UPTD Kecamatan Lakbok, Mangunjaya, Sidamulih dan UPTD Kecamatan Cigugur," ujarnya saat dihubungi wartawan melalui telefon genggamnya, Senin (6/5/2013).

Ia mengakui penyelenggara UN di empat UPTD yang mengalami kekurangan LJUN di amplop besar sempat panik. Kekurangan tersebut baru diketahui setelah diperiksa oleh para panitia dan ternya banyak yang kurang.

Untuk menutupi kekurangan lembar soal dan jawaban, kata Agus pihaknya mengambil soal ke setiap rayon (UPTD) yang di tunjuk oleh Dinas.

Slah seorang kepala UPTD yang enggan disebutkan namanya mengaku sangat kecewa dengan kejadian kekurangan soal UN. " Seharusnya hal ini tidak terjadi jika dinas terkait lebih fokus dan tegas dalam melaksanakan segala sesuatunya," cetusnya.

Ia menyatakan dalam pelaksanaan UN tingkat SD diwarnai pungli sebesar Rp 2000 per siswa. Kabar yang beredar sebesar Rp 1000 rupiah masuk ke Dinas.
"Coba bayangkan saja, 36 UPTD pendidikan, di sini saja ada sekitar 1900 siswa yang mengikuti UN," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. H Tatang masih sulit dihubungi karena handpone miliknya tidak aktif. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jabar Awali Sejarah Monorel
SOFT launching monorel mewarnai pesta rakyat De Syukron 4 di Gedung Sate, Jumat (19/9). Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap monorel tahap pertama rampung 2017.
ASPIRASI + Indeks