Sabtu, 26 Juli 2014 | 20:08 WIB
EKONOMI

PT KAI Siap Tambah Jadwal Perjalanan KA

Oleh: Astri Agustina
Ekonomi - Selasa, 14 Mei 2013 | 18:44 WIB
inilah.com

INILAH.COM, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) II Bandung berencana menambah jadwal perjalanan Kereta Api kelas ekonomi jarak jauh dan komersial.

Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno mengatakan, penambahan KA guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran 2013.

"Memang sejauh ini sudah ada rencana penambahan jadwal keberangkatan KA ekonomi jarak jauh dan komersial. Tapi kita masih melihat dari hasil evaluasi reservasi tiket," ujar Bambang kepada wartawan saat ditemui dikantor Daop II, Kota Bandung, Selasa (14/5/2013).

Bambang menjelaskan, hasil evaluasi reservasi tiket H-90 akan dijadikan acuan untuk penambahan jadwal perjalanan. Evaluasi tersebut, kata dia, akan dilihat dari reservasi tiket mulai H-7 hingga H+7 lebaran.

"Nantinya, hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi PTKA untuk menentukan rencana evaluasi masa angkutan lebaran. Kita lihat saja dulu perkembangannya seperti apa," tuturnya.

Sejak dibuka Jumat (3/5/2013) hingga saat ini, penumpang yang sudah mereservasi tiket cukup membludak. Dari H-7 hingga H-1 lebaran, okupansi rata-rata sudah mencapai sekitar 100 persen.

"Cukup membludak. Sekarang sudah bergeser ke paska lebaran. Kalau melihat antusiasme penumpang seperti ini, ada kemungkinan kita akan mengevaluasi masa angkutan lebaran pun dipercepat," jelas Bambang.

Dengan adanya rencana percepatan masa angkutan lebaran, lanjutnya, mulai minggu depan pengumuman resmi untuk penambahan jadwal perjalanan kereta api dan penambahan rangkaian KA bisa dilakukan.

"Penambahan jadwal sebenarnya rutin dilakukan oleh PTKA. Karena pada tahun lalu pun kita menambah jadwal perjalanan KA ekonomi jarak jauh dengan mengoperasikan KA Pasundan Lebaran dan KA Kutojaya selatan lebaran," ucap Bambang.

Bambang menambahkan, biasanya penambahan jadwal perjalanan KA ekonomi jarak jauh dilakukan sebulan sebelum lebaran. Tidak hanya itu, penambahan jadwal perjalanan pada masa angkutan lebaran pun dimungkinkan pada KA Komersial. Namun hal tersebut tergantung pada reservasi tiket.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
MACET NAGREG MENGGILA
JALUR Nagreg mulai ramai. Pemudik bermotor mendominasi jalur. Kendaraan mengular hingga 30 Km mulai dari Ciamis hingga Nagreg.
KARIKATUR + Indeks