Jumat, 18 April 2014 | 12:56 WIB
LINGKAR BANDUNG

P3SER Gedebage Akan Jadi Pusat PKL Bandung

Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
Metro bandung - Kamis, 16 Mei 2013 | 06:15 WIB

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Dada Rosada mencanangkan Pusat Perbelanjaan dan Pengembangan Sumber Ekonomi Rakyat (P3SER) Gedebage, Rabu (15/5). Dia berharap para pedagang kaki lima (PKL) bisa segera menempati P3SER sehingga memiliki kepastian hukum dan tempat.

"Tidak ada lagi PKL, tetapi pedagang formal dan ada kepastian hukum serta tempat. Pemindahan ini merupakan niat pemerintah dan pedagang untuk meningkatkan harkat dan derajat PKL menjadi pedagang formal," ujar Dada.

P3SER memiliki lahan seluas 7.000 meter persegi yang bisa ditempati untuk 1.203 pedagang, khususnya PKL di 7 titik. Meskipun begitu, peminatnya juga ada dari pedagang diluar 7 titik. Rencananya pemindahan pedagang ke P3SER dilakukan setelah proses perizinan ditempuh.

"Tahun ini kita tergetkan dulu pedagang 7 titik untuk pindah kesini. Pokoknya kawasan 7 titik harus kosong PKL," tandasnya.

Dia mengakui, awalnya ada penolakan pencanangan P3SER dari koperasi di Gedebage. Namun sudah diselesaikan secara kekeluargaan dengan pembangian yang jelas soal pasar induk, PKL, dan food court.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Rinal Siswadi menjelaskan, kawasan Pasar Induk Gedebage akan menjadi pasar niaga terpadu dengan segmen-segmen tertentu. Kawasan dagang merupakan aset Pemkot yang diserahkan ke Pemkot Bandung sebagai penyertaan modal pada tahun 2007.

"Kepindahan PKL ke Gedebage membutuhkan waktu sesuai mekanisme prosedur yang harus ditempuh. Ini baru pencanangan. Ada prosedur yang mesti ditempuh, seperti Amdal, IMB, dan sebagainya," tutur Rinal.

Meskipun banyak prosedur, lanjut Rinal, PKL sudah bisa pindah bertahap ke P3SER pada akhir tahun 2013. Saat ini sedang dilakukan inventarisasi data PKL karena masih ada perbedaan jumlah pedagang. [den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.