Kamis, 23 Oktober 2014 | 04:40 WIB

Abubakar-Yayat Klaim Menangi Pemilukada KBB

Oleh: Doni Ramdhani
Bandung raya - Minggu, 19 Mei 2013 | 23:46 WIB

INILAH, Bandung Abubakar tersenyum. Calon Bupati Bandung Barat petahana itu tampak lega. Hasil real count PDIP menempatkannya sebagai pemenang Pemilukada Kabupaten Bandung Barat (KBB). Abubakar-Yayat T Soemirat, mengungguli 4 pasangan lainnya.

"Lega, lebih tepatnya itu perasaan saya," ujar Abubakar saat ditemui di tempat real count PDIP di Gedung Abadi Hass, Jalan Raya Lembang, KBB, Minggu (19/5).

Di mata Abubakar, hasil real count menunjukkan bagaimana kerja keras tim sukses dan relawan selama menghadapi Pemilukada KBB. Meski begitu, dia meminta pada seluruh pendukung, baik partai, relawan, pendukung, keluarga dan lainnya, tidak bertepuk dada.

"Pada teman-teman seperjuangan, partai, relawan, sahabat, keluarga, tidak perlu jemawa. Kita harus kompak. Semua harus menerima hasil dengan legawa. Apapun hasilnya," katanya.

Abubakar mengatakan, Pemilukada KBB bukanlah tujuan, melainkan sarana mewujudkan kesejahteraan rakyat. "Bagaimana 5 tahun ke depan mampu sejahterakan rakyat," tutur Abubakar.

Saat ditanya, apakah ada ucapan untuk para calon lainnya, Abubakar mengaku tetap akan menunggu hasil penghitungan resmi KPU. "Kalau untuk itu tunggu nanti dari KPU dulu," jawabnya.

Ucapan selamat dari para pendukung dan kerabatnya yang datang terus mengalir. Berdasarkan real count PDIP hingga pukul 18.00 WIB, dari 56,82% jumlah suara sah yang masuk, pasangan Abubakar-Yayat meraih suara 53,20%

Real countsendiri diperoleh dari data yang dikirimkan relawan tim sukses di masing-masing TPS. Hasil penghitungan sementara itu, ditampilkan dalam layar besar yang digelar di Gedung Abadi Hass. Pasangan Erni R Ernawan-Syamsul Ma’arif membuntuti di urutan kedua dengan 19,13% suara.

Posisi ketiga diduduki Aep Nurdin-Kosasih (13,19%), disusul Djamu Kertabudi-Agus Yasmin (11,68%), dan Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi (2,81%).

Ketua Tim Sukses Aa Umbara Sutisna mengatakan, hasil itu bisa mencapai target. "Dengan hasil ini, kita optimistis menang dengan raihan suara 50+1. Walaupun ada di beberapa desa tidak menang, kita unggul di 16 kecamatan se-KBB," kata Aa saat konferensi pers, Minggu (19/5).

Menurutnya, penghitungan internal pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berdasarkan ribuan saksi yang disebar di 2.875 TPS.

Aa menyebutkan, di empat kecamatan itu, calon petahana unggul raihan suara di atas 60%. "Empat kecamatan itu yakni Cikalongwetan, Cisarua, Parongpong, dan Lembang. Kita mendapat suara terbanyak di atas 60%," ujarnya.

Abubakar sendiri mengklaim menang di 16 kecamatan. "Kita menang di 16 kecamatan itu hasil kerja keras tim. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga KBB. Perolehan suara ini merupakan mandat dan amanat yang akan saya gunakan sebaik-baiknya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU KBB Asep Mamat mengatakan pihaknya tidak melakukan penghitungan cepat. "Kita akan mengumumkan hasil penghitungan suara secara manual itu pada 24 Mei nanti," ujar Asep saat dihubungi melalui ponselnya.

Dia menyebutkan, mulai Senin (20/5) ini, KPU akan mengumpulkan data perolehan suara dari setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dari jadwal yang ditetapkan, rekapitulasi di tingkat PPS itu dilakukan pada 20-21 Mei. Kemudian, di PPK rekapitulasi suara itu dilakukan pada 22-23 Mei. Selain melakukan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten, pada 24 Mei itu KPU KBB pun menetapkan dan mengumumkan pasangan calon terpilih.[den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks