Kamis, 23 Oktober 2014 | 07:38 WIB

Pelantikan Gubernur, Polrestabes Siapkan Anggota

Oleh: Ahmad Sayuti AK
Metro bandung - Senin, 20 Mei 2013 | 16:48 WIB
istimewa

INILAH.COM, Bandung - Untuk pelantikan Gubernur Jabar Terpilih, Polrestabes Bandung telah merencanakan sistem pengamanan yang akan dilakukan. Sebanyak 1.232 personel pun disiagakan untuk pengamanan pada saat pelantikan, 13 Juni 2013 mendatang.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Abdul Rakhman Baso mengatakan, pihaknya menyiagakan sebanyak 1.232 personel saat pelantikan. Mereka berasal dari seluruh kesatuan di Polrestabes Bandung.

"Sistem pengamanan yang diterapkan dibagi menjadi tiga ring," papar Kapolrestabes kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Senin (20/5/2013).

Ia menyebutkan, tempat pelaksanaan pelantikan Gubernur Jabar terpilih dilakukan di Gedung Merdeka pada 13 Juni 2013. Sebelumnya mencuat kalau pelantikan dilaksanakan di gedung DPRD Jabar yang baru.

"Kami sudah dapat instruksi dari Polda Jabar, tempat pelantikan di Gedung Merdeka. Ini masih ada waktu satu bulan, dan kemungkinan masih bisa berubah. Kita harus lihat, bisa dari kemacetan, penataan parkir. Mana sisi yang lebih menguntungkan dari opsi-opsi itu, apa di Gedung Merdeka atau di lokasi lain," jelasnya.

Ia mengungkapkan, rencana pelantikan pun sesuai dengan jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat yang akan dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung. Polrestabes Bandung pun ikut andil dalam pengamanan pelantikan lantaran Gedung Merdeka masuk dalam wilayah hukum Polrestabes Bandung.

Kapolrestabes menambahkan, akan ada rapat lanjutan di tingkat Polda dengan Pemda Provinsi Jabar, KPU, DPRD Tk I untuk membahas lebih teknis terkait rencana pengamanan pelantikan.

Perihal pelaksanaan pelantikan gubernur yang berbarengan dengan kegiatan kampanye Pilwalkot 2013, Kapolrestabes menganggap tidak menjadi masalah. Pasalnya, selama ini di Bandung kerap berlangsung berbagai acara dalam satu hari dan sejauh ini pengamanan berlangsung aman, tertib, dan lancar.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks