Sabtu, 25 Oktober 2014 | 04:17 WIB
LINTAS JABAR

Pasangan Balon Pilwalkot Bogor Terancam Prematur

Oleh: Dian Prima
Pakuan - Selasa, 21 Mei 2013 | 14:13 WIB
istimewa

INILAH.COM, Bogor - Partai politik berencana mengumumkan pasangan yang diusung pada Pilwalkot Bogor pada akhir Mei. Kondisi tersebut sangat beresiko menghadirkan pasangan bakal calon (balon) prematur.

Pengamat Politik Kota Bogor, Sofyan Syaf menuturkan, pemilihan balon yang akan diusung terkesan dipaksakan berdasarkan kontelasi politik yang ada. Dalam kondisi ini, masyarakat yang akan dirugikan.

"Kondisi ini sudah bisa diprediksi sejak lama. Dengan kekuatan kursi yang sedikit, tentu parpol akan saling intip," jelas Sofyan saat dimintai komentar seputar penentuan dukungan parpol, Selasa (21/5/2013).

Dua parpol di Kota Bogor bisa mengusung pasangan sendiri tanpa memikirkan harus berkoalisi. Tetapi kondisi tersebut tetap saja membuat mereka mengintip balon yang akan diusungnya.

"Demokrat dan PKS bisa menentukan sendiri balon yang akan diusung. Tetapi tetap saja mereka juga memperhitungkan untuk memilih koalisi partai untuk menguatkan di legislatifnya. Ini yang membuat seluruh partai memilih injury time dalam menetapkan pasangan balon," paparnya.

Kondisi ini menimbulkan kerugian tersendiri. Sebab, bisa dipastikan pasangan yang dipilih akan jadi prematur dalam membuat visi misinya. "Warga yang akan dirugikan, sebab pasangan balon akan membuat program kerja yang seadanya karena terkejar waktu pendaftaran hingga saat pemilihan. Padahal idealnya untuk membangun konsep program kerja minimal dipikirkan dalam waktu setahun," jelasnya.

Seperti diketahui, KPU Kota Bogor telah menetapkan pelaksanaan Pilwalkot Bogor sesuai hasil pleno, pada 14 September 2013.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks