Senin, 15 September 2014 | 09:00 WIB
LINTAS JABAR

104 Koperasi Tidak Aktif Akan Direvitalisasi

Oleh: Vera Suciati
Priangan - Minggu, 26 Mei 2013 | 11:40 WIB
istimewa

INILAH, Sumedang - Sebanyak 104 koperasi tidak aktif di Sumedang akan segera direvitalisasi. Tujuannya, agar koperasi dapat berfungsi kembali seperti sedia kala dan bermanfaat bagi anggotanya.

Kasubid Program di Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kab. Sumedang Suharna mengatakan, koperasi yang tidak aktif akan diajukan untuk direvitalisasi melalui program yang digulirkan dari pemerintah provinsi.
Rencana revitalisasi akan dilakukan tahun depan setelah pihak Dinas KUMKM Sumedang melakukan inventarisasi terhadap seluruh jumlah koperasi yang dinyatakan tidak aktif berdasarkan jumlah aset, anggota, dan kepengurusan.

“Ada 104 koperasi yang tidak aktif, terdiri berbagai macam jenis koperasi, karena telah sedikit banyak mengganggu pada manajamen perkoperasian secara keseluruhan, kami mengusulkan kepada pemprov untuk direvitalisasi saja,” kata Suharna, Minggu (25/5/2013).

Revitalisasi akan dilakukan secara bergiliran sesuai dengan kuota program yang ada. Sementara, koperasi sebagai badan usaha yang berbadan hukum tidak bisa dihapus atau diberhentikan begitu saja.
Dinas KUMKM perlu mempertanyakan kepada pengurus koperasi tentang keberlanjuttan koperasinya. Beberapa koperasi y masih setengah kolaps bahkan menginginkan adanya revitalisasi terhadap koperasinya.

“Jika masih ada keinginan untuk aktif kembai, pengurus koperasi bisa mengajukan revitalisasi ini, atau kami sendiri yang nanti akan menginventarisasi dulu, yang pasti koperasi itu tidak bisa dihapus karena berbadan hukum,” kata Suharna.

Saat ini ada 567 unit koperasi di Sumedang, sekitar 22 persennya tidak aktif akibat dari kesalaan pengelolaan keuangan, manajamen dan penyebab lainnya yang terjadi secara terus menerus setiap tahunnya sehingga koperasi akhirnya tidak berfungsi. Jumlah koperasi sendiri selama tiga tahun lalu meningkat dari mulai 557 unit pada 2009, menjadi 552 unit dan 554 unit pada 2010 dan 2011.[ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Pilkada Jalan Terus
MESKI masih jadi polemik, dipilih rakyat atau DPRD, lima kabupaten/kota di Jabar tetap mempersiapkan Pilkada 2015 mendatang.
ASPIRASI + Indeks