Sabtu, 25 Oktober 2014 | 03:27 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Pelantikan Gubernur, PNS Harus Pakai Bus

Oleh: Dadi Haryadi
Jabar - Rabu, 29 Mei 2013 | 17:24 WIB
Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar - istimewa

INILAH.COM, Bandung - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013-2018, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar akan mengalami permasalahan lahan parkir. Diperkirakan, akan terjadi penumpukan kendaraan karena tamu yang hadir mencapai 3.600 undangan.

"Yang menjadi masalah adalah parkir, sekitar 2.369 kendaraan akan mengalami kesulitan parkir," ujar Plt Sekda Jabar Perry Soeparman kepada wartawan di Gedung DPRD Jabar, Rabu (29/5/2013).

Dia menjelaskan kantung parkir yang disiapkan berjumlah 11 titik tersebar di sekitar wilayah Gedung Merdeka. Kantung parkir tersebut diantaranya, di Gedung Dinas Bima Marga, Hotel Preanger, dan Gedung Keuangan.

Meski terbilang banyak, katanya, kantung parkir yang disiapkan tidak akan mampu menampung kendaraan ribuan undangan. Terlebih, undangan pejabat biasanya membawa iringan kendaraan pengawalan. Akibatnya, bakal terjadi penumpukan kendaraan.

"Kantong parkir yang ada nggak akan cukup, Polda juga sudah memprediksi itu," ucapnya.

Melihat kondisi itu, pihaknya mewajibkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemprov Jabar mulai dari pejabat eselon 2, 3 dan 4 agar mengenakan bus sebagai transportasi menuju tempat pelantikan. Hal itu demi mengurangi jumlah kendaraan yang parkir.

Pihaknya juga menyiapkan langkah alternatif serupa terhadap kelompok undangan lainnya. Saat ini, panitia sedang menginventarisir kelompok yang sanggup mengenakan bus.

"Keberangkatan sebagian undangan akan disatukan menggunakan bus," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Jabar Ida Hernida mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan 4 unit bus, 2 diantaranya dari dewan. Masing-masing bus akan mampu mengangkut 50 orang.

"Selain mengantar, bus juga akan stand by untuk pulangnya," katanya.

Menurutnya, kesiapan pelantikan sudah hampir matang salah satunya dari sisi keamanan. Sebanyak 4.500 personil akan diterjunkan dari jajaran Polda Jabar.

"Kami sangat mengapresiasi karena Polda sudah sangat siap," pungkasnya. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks