Kamis, 23 Oktober 2014 | 18:40 WIB
LINTAS JABAR

10 Bakal Caleg di Subang Gunakan Ijazah Paket C

Oleh: Zaenal Mutaqin
Priangan - Jumat, 31 Mei 2013 | 08:30 WIB

INILAH, Subang - Dari 514 bakal calon legislatif yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, sekitar 2% di antaranya diketahui menggunakan ijazah persamaan alias ijazah paket C.

Sementara jika dilihat dari umur para bakal caleg, ternyata didominasi usia 40-50 tahun. Tak hanya itu, diketahui masih ada dua kepala desa yang aktif yang ikut menyerahkan berkas.

Ketua KPU Kabupaten Subang Ahmad Mudofir mengatakan, ada sekitar 10 orang bakal caleg yang memakai ijazah paket C. Dari 50 kursi yang ada di Kabupaten Subang, tutur Mudofir, yang mendaftar caleg ada 514 orang. “Ada 10 orang yang menyerahkan DCS memakai ijazah paket C,” paparnya.

Dia mengakui dalam aturan memang diperbolehkan bagi para bakal caleg untuk menggunakan ijazah SMA atau yang setara. Karena itu, dia menegaskan, ijazah paket C pun diperbolehkan. “Iya itu sah saja, pada hakikatnya sama saja,” tegas Ahmad.

Mengenai bakal caleg yang masih aktif sebagai kades, Ahmad mengakui masih ada. Dia menjelaskan, dua orang itu yakni kades di wilayah Kecamatan Cijambe dan Cipeundeuy. Meski demikian, kedua kepala desa tersebut sudah melampirkan surat dari atasannya bahwa dirinya sedang melakukan proses pengunduran diri.

“Kalau nanti daftar calon tetap, maka harus melampirkan SK resmi pengunduran diri dari jabatannya sebagai kepala desa,” paparnya.

Sementara itu, dari hasil verifikasi yang dilakukan KPU Kabupaten Sukabumi, dua parpol diketahui menambah jumlah bakal calonnya. Total bakal caleg yang bertambah sebanyak 19 orang.

“Dua parpol yang menambahkan bakal calegnya yakni Partai Keadilan dan Persatuan (PKPI) sebanyak empat orang dan Partai Bulan Bintang bertambah 15 orang," kata Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Dede Haryadi dikutip Antara, Kamis (30/5).

Menurut Dede, berkas caleg yang baru tersebut akan diteliti sampai tiga hari ke depan untuk mengetahui keabsahannya. Sehingga saat ini jumlah bakal caleg yang didaftarkan ke KPU menjadi 575 orang.

“Tidak menutup kemungkinan bakal caleg bertambah lagi, karena masih ada beberapa parpol yang tidak mencapai kuota pencalegan," tambahnya.

Dia mengatakan, rapat pleno penetapan DCS akan disampaikan pada 6-7 Juni mendatang. Sebelum pengumuman tersebut, pihaknya akan memanggil seluruh perwakilan pengurus parpol untuk memberitahu kekurangan syarat masing-masing bakal calegnya.[den]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PERSIB KE SEMIFINAL
PERSIB menaklukkan Persebaya 3-1 di Stadion si Jalak Harupat. Di atas kertas, Persib sudah menggenggam tiket ke semifinal Kompetisi ISL.
ASPIRASI + Indeks