Kamis, 24 April 2014 | 12:36 WIB
LINTAS JABAR

Wow, 1 Minimarket Bisa Jual 100 Kondom Seminggu

Oleh: Vera Suciati
Priangan - Selasa, 4 Juni 2013 | 16:55 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Sumedang - Penjualan kondom di salah satu minimarket di Sumedang mencapai 100 buah perminggunya. Kondom-kondom ini dibeli warga usia 14 sampai dengan 17 tahun. Penjualan paling tinggi pada hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur lainnya.

“Penjualan kondom di minimarket ini saya catat sebanyak 100 buah perminggu atau 400 buah sebulannya. Dan yang beli pelajar, sekitar usia 14 sampai 17 tahunan,” kata Program Officer Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumedang, Tita Anarita, Selasa (4/6/2013).

Menurut Tita, KPA Sumedang pernah melakukan pemantauan penggunaan kondom di masyarakat mengingat KPA mempunyai program pendistribusian dan sosialisasi kondom sebagai upaya pencegahan HIV/AIDS di Sumedang. Program ini bertujuan untuk memandirikan warga dalam penggunaan kondom.

“Kami melakukan pemantauan tentang penjualan kondom di masyarakat untuk mengetahui kondisi ketika kami tidak menditsribusikan kondom, sejauh mana masyarakat bisa mandiri menggunakan kondom,” kata Tita.

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang juga efektif digunakan untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS karena tren pola penyebaran virus ini kini melalui transmisi seksual. Program pendistribusian dan sosialisasi kondom yang dilakukan KPA mendapat tanggapan negatif dari beberapa pihak yang menyebutkan KPA melegalisasi prostitusi.

Hal ini dibantah Sekretaris KPA Sumedang, dr Hilman Taufik. Menurut Ketua IDI Sumedang ini, pendistribusian kondom dilakukan untuk mencegat tersebarnya virus yang sudah berepidemi di kota tahu ini.

“Kami sama sekali tidak melegalisasikan prostitusi, kami hanya mencegah menyebarnya virus HIV/AIDS,” kata Hilman.

KPA Sumedang setiap bulannya mendistribusikan 10 ribu sampai 15 ribu buah kondom ke 2.277 outlet kondom yang ada di hot spot atau tempat rawan penyebaran HIV dan puskesmas.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Wajah Baru Parlemen Meragukan
WAJAH baru bakal mengisi kursi DPR RI lima tahun ke depan. Mampukah mereka ‘bersuara’ di parlemen?
KARIKATUR + Indeks