Senin, 22 Desember 2014 | 17:33 WIB
LINTAS JABAR

PAN Ajukan 2 Nama Untuk Pilbup Garut 2013

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Jumat, 7 Juni 2013 | 15:49 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Garut - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Garut akhirnya merekomendasikan 2 nama ke DPW PAN Jawa Barat untuk ditetapkan salah satunya sebagai calon Bupati maupun Wakil Bupati Garut yang akan diusung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Garut 2013. Kedua nama tersebut yakni Brigjen Saeful Anwar yang diproyeksikan sebagai calon Bupati Garut, dan Babay Tamimi diproyeksikan selaku calon Wakil Bupati Garut.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil Rapat Pleno DPD PAN Kabupaten Garut terkait Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Garut 2013 di aula Hotel Nugraha Cipanas Garut, Kamis (6/6) malam. Kegiatan dihadiri 120 peserta dari kalangan pengurus 42 DPC PAN se-Kabupaten Garut, pengurus harian DPD PAN Garut, Ketua Departemen, serta Majlis Pertimbangan Partai DPD PAN Garut.

Ada 5 nama bakal calon yang bersaing mendapatkan posisi 2 besar untuk direkomendasikan DPD PAN Garut ke DPW PAN Jawa Barat sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati Garut. Kelimanya yakni Brigjen Saeful Anwar dan Asep Suryana Natawiria yang mengajukan diri sebagai calon Bupati Garut, serta Babay Tamimi, Enjang Tedi, dan Asep Rahmat Kurnia Jaya mengajukan diri sebagai Wakil Bupati Garut.

Hasil rekapitulasi konvensi balon Bupati dan Wakil Bupati Garut digelar DPD PAN Garut menempatkan Saeful Anwar meraih suara terbanyak yakni 85 suara, disusul Babay Tamimi 55 suara, Enjang Tedi 51 suara, Asep Suryana Natawiria 23 suara, dan Asep R Kurnia Jaya 2 suara. Satu suara dinyatakan tidak sah. Dengan begitu, dari 120 peserta Rapat Pleno, hanya 109 peserta menggunakan hak suaranya memilih.

"Dua nama yang terpilih ini nantinya direkomendasikan ke DPW PAN Jawa Barat untuk dipilih dan ditetapkan salah satunya oleh DPW," kata Ketua Tim Pemenangan Pilkada Kabupaten Garut DPD PAN Garut, Ayi Nurlubis.

Ditanya prioritas balon usungan PAN terkait pemenangan Pilbup Garut 2013, apakah Garut Satu (Bupati Garut) atau Garut Dua (Wakil Bupati Garut), Ayi menyatakan hal itu bergantung dinamika politik yang terjadi, termasuk perkembangan bangunan koalisi partainya.

"Kita lihat kepentingan lebih besar untuk Garut," ujar Ayi.

Ayi menegaskan, DPD PAN Garut sejauh ini pernah membangun kesepahaman koalisi partai dengan Partai Bulan Bintang (PBB).

"Tadinya kita berharap dengan Gerindra (Partai Gerakan Indonesia Raya) juga, tapi belum selesai. Kita merajut hubungan dengan partai manapun. Jadi kita masih menunggu," katanya.

Ayi juga tak menampik kemungkinan PAN berkoalisi dengan Partai Demokrat terkait pemenangan Pilbup Garut 2013 itu.

Ayi berharap keputusan DPW PAN Jawa Barat terkait 2 nama direkomendasikan DPD PAN Garut bisa terbit dan diterima DPD PAN Garut pada Senin (10/6) ini. Pasalnya, pada 10 Juni, KPU mulai membuka penerimaan pendaftaran pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Garut untuk Pilbup Garut 2013, baik dari parpol maupun perseorangan.

Sebelumnya, ada sebanyak 14 nama mendaftar ke DPD PAN Garut sebagai balon Bupati/Wakil Bupati Garut. Namun dari 14 nama tersebut, hanya 11 nama mengembalikan formulir serta melengkapi persyaratan administrasinya.

Setelah dilakukan 'fit and propher test' serta dilengkapi survey publik, dari 11 nama balon itu terjaring 5 nama balon. Kelimanya kemudian dipilih lagi dalam Rapat Pleno DPD PAN Garut hingga muncul dua nama, yakni Saeful Anwar, dan Babay Tamimi.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
5.000 WARGA MENGUNGSI
HAMPIR 5.000 warga mengungsi karena banjir. Pemerintah diminta tidak berbelit-belit dalam menyalurkan bantuan.
ASPIRASI + Indeks