Rabu, 24 September 2014 | 09:41 WIB

Juli 2013, Hujan di Bandung Diprediksi Usai

Oleh: Ageng Rustandi
Metro bandung - Senin, 10 Juni 2013 | 12:05 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Bandung - Hingga saat ini, hujan masih terus mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya. Hujan pun diperkirakan masih akan menguyur Kota Bandung hingga awal Juli 2013 mendatang.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Ani Hanifah menuturkan, ada beberapa hal yang mengakibatkan kondisi cuaca di Kota Bandung mengalami penyimpangan atau anomali dari biasanya. Padahal, pada saat ini, biasanya, cuaca sudah memasuki musim kemarau.

"Kondisi ini salah satunya dikarenakan suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia lebih panas antara 1-2 derajat celcius dari suhu normal sekitar 27 derajat celcius. Dengan kondisi tersebut, kontribusi penguapan akan lebih besar dan pembentukan awah hujan lebih meningkat," tutur Ani saat dihubungi INILAH melalui telepon, Senin (10/6/2013).

Selain itu, pola tekanan udara di Samudera Hindia sebelah barat Indonesia lebih tinggi dibandingkan di sekitar Pulau Jawa sehingga wilayah Indonesia bagian barat masih didominasi angin barat yang membawa uap air. Dengan demikian, aktivitas awan hujan meningkat. Khususnya di Sumatera dan Jawa.

"Selain itu, ada pusaran angin tertutup di daerah barat Sumatera Selatan dan Sebelah Utara Nusa Tenggara yang juga berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di Jawa Barat," tambahnya.

Meski demikian, Ani menuturkan, sifat hujan pada musim kemarau kali ini masih dengan curah hujan yang normal hingga diatas normal. Hujan yang terjadi pun diakuinya masih lebih baik dibandingkan tahun lalu dan hampir mirip dengan kondisi pada tahun 2010 silam.

"Hujan diperkirakan akan terus mengguyur Kota Bandung hingga sekitar 1-10 Juli mendatang. Untuk itu, warga Bandung diharapkan tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga potensi banjir bisa terhindar," tegasnya.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
HAKIM BANSOS SEGERA DIADILI
BABAK baru kasus suap hakim dana bantuan sosial (bansos) dimulai. Ramlan Comel dan Pasti Serifina Sinaga segera menjalani persidangan.
ASPIRASI + Indeks