Sabtu, 20 Desember 2014 | 19:51 WIB
OLAHRAGA

Lengkungan Indah Carlos di Piala Konfederasi

Oleh: Budi Safa'at
Bola - Sabtu, 15 Juni 2013 | 17:07 WIB
Roberto Carlos - istimewa

INILAH, Bandung - Umumnya turnamen bergengsi, seperti Piala Konfederasi, kerap melahirkan gol-gol indah. Satu gol yang takkan terlupa adalah sepakan melengkung Roberto Carlos, 15 tahun silam.

Lesakan spektakuler itu terlahir kala Brasil melakoni laga kontra Prancis dalam Piala Konfederasi 1997 di Lyon. Carlos mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas.

Yang menjadikannya spesial, gol tersebut dibuatnya dari arah lebih dari 30 meter. Bola hasil tendangannya menunjukkan tingkat lengkungan yang sangat tinggi. Bola yang harusnya mengarah keluar, malah melengkung masuk dan menjebol gawang Fabian Barthez.

Dari video tersebut, bola hasil tendangan Roberto Carlos tampak menjauh dari gawang. Bahkan seorang anak gawang yang berada 10 meter di sisi gawang sudah bersiap melindungi kepalanya untuk berjaga-jaga 'mendapat' bola tersebut.

Tapi di momen terakhir, secara dramatis bola berubah arah dan masuk ke gawang. Barthez yang berada di bawah mistar gawang pun tak berkutik dan hanya melihat si kulit bundar masuk ke gawangnya.

Tak sedikit orang yang kemudian mengira gol tersebut hanya sebuah kebetulan. Tapi peneliti menyatakan gol tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah.

"Apa yang terjadi pada waktu itu sangatlah spesial. Kami dihadapkan pada hukum fisika yang tak bisa diduga, tapi sangat mungkin gol semacam itu bisa kembali terlihat," tandas peneliti David Quere kepada Associated Press.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BANJIR RENDAM TUJUH KECAMATAN
PUTING beliung pergi, banjir datang menyongsong. Tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung tergenang air.
ASPIRASI + Indeks