Selasa, 22 Juli 2014 | 21:50 WIB
OLAHRAGA

Perang Penyerang di Piala Konfederasi 2013

Oleh: Budi Safa'at
Bola - Selasa, 18 Juni 2013 | 10:25 WIB

INILAH, Bandung - Sebanyak empat penyerang digadang-gadang jadi raja gol di Piala Konfederasi 2013. Neymar, Mario Balotelli, Luis Suarez, serta Javier Hernandez. Semuanya mengawali kompetisi dengan manis.

Siapa tak kenal Ronaldo Luis Nazario de Lima? Dialah, salah seorang penyerang terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Kariernya mentereng baik di level klub ataupun timnas. Bicara trofi, Ronaldo sudah merengkuh semuanya.

Sebagai seorang penyerang dengan naluri mencetak gol begitu tajam, eks penggawa Real Madrid itu tentu saja pintar mencium bakat seseorang. Di Piala Konfederasi 2013, Ronaldo pun punya jagoan sendiri. Siapa calon raja gol di mata perengkuh gelar top skor di mata pria 36 tahun ini?

Ronaldo mengedepankan nama Mario Balotelli. Penyerang Timnas Italia itu, di matanya dia punya talenta emas. "Dia hanya perlu fokus untuk meraih sukses. Tak diragukan lagi, dia punya kemampuan untuk jadi yang terbaik," ujar Ronaldo.

Ronaldo boleh saja punya jagoan tersendiri. Tetapi, jangan pula lupakan nama-nama lain yang juga punya kemampuan hebat. Selain Balotelli, ada tiga striker lainnya yang bisa merengkuh gelar top skor. Siapa saja?

Neymar (Brasil)
Bicara skuat Brasil saat ini, Neymar bintangnya. Masih berusia sangat muda, 21 tahun. Dia punya segudang trik menipu para pemain lawan.

Nalurinya dalam mencetak gol juga tinggi. Tak heran, Neymar diperebutkan sejumlah klub besar Eropa, sebelum akhirnya berhasil digaet Barcelona di musim panas ini.

Dia mencetak gol pembuka dalam pertandingan Brasil melawan Jepang di Piala Konfederasi 2013. Lesakannya terbilang indah. Neymar melepaskan tendangan voli yang menghujam pojok kanan atas gawang Jepang.

Luis Suarez (Uruguay)
Banyak tindak-tanduk Suarez yang membuatnya menjadi pusat perhatian. Wajar saja, selain punya julukan ‘raja gol’, penyerang Liverpool ini disebut sebagai ‘raja kontroversi’.

Di usianya yang ke-26 Suarez terbilang dapat menyamai Diego Forlan (34), penyerang veteran Uruguay, dengan prestasi 33 golnya. Di Piala Konfederasi 2013, satu gol telah dicetak Suarez saat Uruguay mengakhiri pertandingan melawan Spanyol dengan skor 1-2.

Javier Hernandez (Meksiko)
Meskipun jarang tampil sebagai starter untuk Manchester United di musim 2012/13, Hernandez tetap mampu mencetak 18 gol bagi timnya. Pemain berjuluk Chicharito ini adalah yang paling subur di skuat Meksiko saat ini.

Dia masuk dalam lima besar jajaran pemain tersubur dalam sejarah Meksiko dan merupakan satu-satunya yang masih aktif di posisi lima besar itu. Untuk Timnas Meksiko, Hernandez telah mencatatkan golnya yang ke-33 di laga pertamanya di Piala Konfederasi, saat kalah 1-2 dari Italia.

Mario Balotelli (Italia)
Inilah bintang masa depan tim Italia. Tahun 2012, Balotelli menjadi salah satu pemain yang punya andil besar dalam mengantarkan Gli Azzuri ke final Piala Eropa 2012. Salah satunya dia tunjukkan saat mencetak 2 gol dalam kemenangan 2-1 Italia atas Jerman di semifinal.

Bersama AC Milan, dia berkontribusi mencetak 12 gol dari 13 penampilannya bersama klub Serie A itu. Dia digadang-gadang bisa seperti Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo

Di ajang Piala Konfederasi 2013, Balotelli telah membukukan 1 gol. Penyerang yang beberapa kali terlibat kontroversi itu mencetak gol penentu kemenangan 2-1 Italia atas Meksiko, lalu diganjar kartu kuning karena merayakan golnya dengan membuka baju.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jalur Selatan Padat
LEBARAN sebentar lagi. Arus mudik pun mulai terasa. Di jalur Selatan, terjadi kepadatan kendaraan. Meski begitu, arus lalu lintas terpantau lancar.
KARIKATUR + Indeks