Jumat, 19 Desember 2014 | 22:06 WIB
LINTAS JABAR

Gunung Padang Didorong Jadi Cagar Budaya Nasional

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Rabu, 19 Juni 2013 | 14:02 WIB
Situs Megalitikum Gunung Padang - inilah.com/Benny Bastiandy

INILAH, Cianjur - Pemkab Cianjur akan mendorong Situs Megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka menjadi cagar budaya nasional. Harapannya, Gunung Padang bisa menjadi seperti Candi Borobudur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Ciajur, Tedi Artiawan mengatakan sangat memungkinkan seandainya hasil penelitian yang saat ini sedang berlangsung, Situs Megalitikum Gunung Padang menjadi seperti Candi Borobudur.

Jika dilihat dari aspek lahan, areal Situs Gunung Padang mencapai luas 15 hektare, sedangkan Candi Borobudur hanya 1,5 hektare.

"Berdasarkan penelitian sementara, Candi Borobudur itu ada sekitar 600 sebelum masehi, sementara Situs Gunung Padang ditaksir berusia 12.000 sebelum masehi. Makanya kita akan mendorong agar Situs Gunung Padang jadi cagar budaya nasional," kata Tedi, Rabu (19/6/2013).

Karena itu, lanjut Tedi, yang saat ini dibutuhkan adalah upaya pemeliharaan di kawasan situs sesuai dengan Undang Undang Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya. Termasuk juga melakukan penataan di sekitar kawasan situs.

Potensi yang dimiliki di sekitar kawasan Situs Gunung Padang sangat mumpuni untuk terus dikembangkan. Sebagai penunjang transportasi, sudah ada Stasiun Lampegan.

Saat ini Pemkab Cianjur belum menjadikan Situs Gunung Padang sebagai daerah tujuan objek wisata (DTOW). Namun antusiasme pengunjung ke situs terus membeludak seiring banyaknya pemberitaan.

"Kondisi ini sebetulnya bisa kita manfaatkan agar sektor pariwisata di Kecamatan Campaka, khususnya di Situs Gunung Padang bisa terus dikembangkan. Namun perlu adanya restorasi sebagai pendukung mendongkrak pariwisata," tuturnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PUTING BELIUNG KEPUNG BANDUNG
PUTING beliung menerjang kawasan Bandung Timur. Puluhan rumah rusak, jalanan macet. Seorang nenek, tewas tertimpa bangunan.
ASPIRASI + Indeks