Selasa, 2 September 2014 | 03:59 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Rohaniawan Minta Umat Kristen Gunakan Hak Pilih

Oleh: Dery Fitriadi Ginanjar
Jabar - Kamis, 20 Juni 2013 | 09:36 WIB
ilustrasi - inilah.com

INILAH.COM, Bandung - Jelang pencoblosan Pilwalkot Bandung 2013, kaum rohaniawan memberikan pesan positif bagi jalannya demokrasi lima tahunan di Kota Bandung.

Pesan tersebut adalah imbauan agar umat Kristen tidak menjadi bagian golput dan menyalurkan pilihan sesuai hati nurani.

Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Kota Bandung Pendeta B Hutagalung mengatakan, seluruh warga Kota Bandung diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilwalkot Bandung 2013 ini. Hal itu berlaku juga bagi umat Kristiani di Kota Bandung sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan dinamika pembangunan Kota Bandung.

"Umat diyakini mampu mengatur waktu secara bijaksana pada hari H pencoblosan nanti. Jadi waktu yang tersedia bisa dipakai menyalurkan hak konstitusinya memilih pemimpin," kata Hutagalung dalam siaran pers yang diterima INILAH.COM, Kamis (20/6/2013).

Dia menyatakan, umat Kristen memahami bahwa sepantasnya wajib berdoa, berupaya, dan berjuang untuk kesejahteraan kota. Karena itu, umat Kristen perlu mengapresiasi dan berpartisipasi dalam setiap bidang kehidupan Kota Bandung yang lebih baik.

"Salah satu partisipasi itu terjadi pada bidang politik, seperti Pilwalkot Bandung pada tanggal 23 Juni ini. Paling utama, umat Kristiani selalu memegang teguh Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia yaitu UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam bidang politiknya," tandasnya.

Hutagalung mengatakan, pelaksanaan pencoblosan yang bertepatan dengan agenda peribadatan gerejawi perlu diambil maknanya. Pihaknya berharap adanya hikmat dan kebijaksanaan dari pimpinan dan jemaat gereja agar mampu mengatur waktu secara baik.

"Pada Minggu ini, ke gereja yes dan mencoblos ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) oke," tuturnya.

Namun sebelum menentukan pilihan, Pendeta Hutagalung meminta umat Kristen bisa mengenali Kota Bandung dan profil para kandidat untuk dipilihnya.

"Dengan kemampuan mengenal dan tahu profil kandidat, umat tidak salah pilih. Ujungnya, Kota Bandung dapat dipimpin oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang pantas dan mampu membawa kesejahteraan warganya," pungkasnya. [gin]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Tugas Lama DPRD Baru
HARI ini, Senin (1/9), 100 anggota DPRD Jabar terpilih periode 2014- 2019 dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung. Pekerjaan Rumah pun menanti mereka membangun Jabar masa depan.
ASPIRASI + Indeks