Kamis, 24 April 2014 | 12:36 WIB
HUKUM DAN KRIMINALITAS

Berniat Kabur, Pelaku Curanmor Dilumpuhkan

Oleh: Ahmad Sayuti AK
Kriminalitas - Sabtu, 13 Juli 2013 | 15:30 WIB
Ilustrasi

INILAH.COM, Bandung - Unit Reskim Polsekta Sukajadi berhasil menciduk IN (29), pelaku Curanmor yang sering beraksi di wilayah hukumnya belum lama ini. IN pun harus dilumpuhkan dengan timah panas karena hendak kabur saat polisi melakukan pengembangan.

Selain mengamankan IN, polisi juga menangkap penadah barang haram tersebut, yakni AS. Sedangkan otak pelaku kejahatan, RN yang merupakan residivis kasus sama, masih diburu dan dinyatakan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolsekta Sukajadi AKP Sumiatun mengatakan, IN tertangkap tangan saat membawa motor curian di kawasan Cipedes. Saat itu petugas patroli mencurigai gerak-geriknya, apalagi saat diminta surat kelengkapan kendaraan IN tidak bisa memperlihatkannya.

"Merasa curiga lalu dibawa ke Mapolsekta Sukajadi untuk diperiksa. Alhasil, darinya kita dapatkan kunci astag (leter T) dan dia tidak bisa mengelaknya," papar Sumiatun kepada wartawan di Mapolsekta Sukajadi, Jalan Sukajadi, Sabtu (13/7/2013).

Ia menyebutkan, dalam setiap aksinya, IN hanya berbekal kunci astag dan hanya membutuhkan semenit untuk mencuri motor. Motor yang diincarnya berbagai jenis, asalkan tidak ada pengaman kunci, atau digembok.

Menurutnya, petugas terpaksa melumpuhkannya dengan timah panas, lantaraan saat pengembangan di Cidauan dia hendak melarikan diri.

"Akibat perbuatannya dia dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman tujuh tahun penjara," tandasnya.

Sementara itu, IN mengaku baru dua kali melakukan aksi pencurian. Biasanya, dalam melakukan aksinya IN ditemani RN (DPO). "Saya kenal dengan RN baru. Ketika barang dapat dijual ke AS Rp2,5 juta. Uangnya dipakai untuk keperluan sehari-hari," bebernya yang mengaku baru sekali jual motor ke AS.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Wajah Baru Parlemen Meragukan
WAJAH baru bakal mengisi kursi DPR RI lima tahun ke depan. Mampukah mereka ‘bersuara’ di parlemen?
KARIKATUR + Indeks