Minggu, 23 November 2014 | 11:31 WIB
LINTAS JABAR

Potenzi Zakat Fitrah di Garut Rp50 Miliar

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Rabu, 17 Juli 2013 | 20:19 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Garut - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Garut, Rofiq Azhar mengatakan jika besaran zakat harus dikeluarkan muzakki di Garut sebesar Rp20 ribu, berarti potensi zakat fitrah saat ini mencapai sekitar Rp50 miliar.

Hal itu diperoleh dengan hitungan, Rp20 ribu dikalikan total jumlah penduduk Kabupaten Garut saat ini yang diperkirakan mencapai 2,5 juta jiwa.

"Rp50 miliar itu baru potensi zakat fitrahnya saja yang dikeluarkan setahun sekali. Bisa dibayangkan berapa potensi zakat mal, apalagi ditambah infaq dan sedakah, bila dapat digali dan dikelola dengan optimal untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya," papar Rofiq kepada INILAH.COM saat ditemui di kantornya, Jalan Otista, Rabu (17/7/2013).

Dia mengaku agak heran atas sikap sebagian besar kalangan yang masih kurang memberikan perhatian serius terhadap peran strategis amil dalam pengumpulan dan penyaluran zakat. Setidaknya hal itu ditunjukkan dengan keberadaan amil yang terkesan hanya diperankan dalam zakat fitrah. Sedangkan dalam zakat mal hampir sama sekali tak terlihat.

"Padahal amil zakat itu paling dibutuhkan dalam zakat mal. Seorang amil yang visioner bisa memediasi antara muzakki dengan mustahiq," tegasnya.[jul]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks