Minggu, 26 Oktober 2014 | 02:38 WIB
LINTAS JABAR

KPU Garut Siap Cetak 1.804.134 Kertas Suara

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Senin, 5 Agustus 2013 | 08:57 WIB
Contoh kertas pemungutan suara Pilbup - inilah.com/Zainulmukhtar

INILAH.COM, Garut - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Garut pada 8 September 2013 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut berencana mencetak kertas pemungutan suara Pilbup sekitar 1.804.134 lembar.

"Sebanyak 1.804.134 lembar kertas suara yang akan dicetak untuk hari H pemungutan suara Pilbup Garut 2013 itu berdasarkan jumlah hak pilih tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai sebanyak 1.760.130 jiwa, ditambah kertas suara cadangan sekitar 2,5% dari jumlah DPT," jelas Kepala Sub Bagian Teknis Sekretariat KPU Kabupaten Garut, Farhan.

Dari total jumlah pemilih untuk Pilbup Garut 2013 sebanyak 1.760.130 orang, sebanyak 894.297 orang di antaranya laki-laki dan sebanyak 865.833 orang perempuan. Mereka tersebar di 42 kecamatan di 442 desa/kelurahan. Sedangkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai sebanyak 4.064 TPS.

Untuk pelaksanaan Kampanye Pilbup Garut sendiri dimulai pada 22 Agustus hingga 4 September 2013. Masa Kampanye Pilbup Garut 2013 akan dimulai dengan penyampaian Visi Misi dan Program Kerja para pasangan calon di DPRD Kabupaten Garut.

"Pada hari itu juga bisa kampanye pemasangan alat peraga, dan bila waktunya memungkinkan, bisa pula dilanjutkan dengan konvoi pengerahan massa," kata Komisioner KPU Garut, Urip Sudhiana.

Dia menyebutkan, kampanye para paslon dapat dilakukan berupa pertemuan tertutup, penyebaran bahan kampanye, dan rapat umum/terbuka. Diharapkan, masing-masing paslon menyusun jadwal kampanye tersebut secara rinci agar tidak terjadi bentrokan antarpasangan saat pelaksanaan kampanye.

Berkaitan dengan hal tersebut, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut pun melakukan langkah penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh Panwas Kecamatan dengan menggelar Bimbingan Teknis Pilbup Garut 2013 di Hotel Suminar Jalan Otista selama dua hari, Minggu dan Senin (4-5/8).

"Dalam Bimtek ini juga sekaligus diiakukan pengukuhan dan pelantikan Panwas untuk Pemilihan Legislatif 2014. Pokoknya kita siap bertugas melakukan pengawasan dan monitoring terkait Pilbup ini," kata Ketuas Panwaslu Kabupaten Garut, Saepuloh.

Dia berharap masing-masing paslon, termasuk tim sukses dan pendukungnya selama tahapan sampai masa kampanye dan pemungutan suara dapat bersikap fair dan menjaga situasi serta kondisi Kabupaten Garut agar tetap aman. Sehingga dapat terhindar dari kemungkinan munculnya konflik antarmasyarakat.[ang]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks