Rabu, 22 Oktober 2014 | 13:23 WIB
LINTAS JABAR

Tiga Cagar Budaya di Cianjur Diusulkan ke Provinsi

Oleh: Benny Bastiandy
Pakuan - Selasa, 20 Agustus 2013 | 09:45 WIB
istimewa

INILAH.COM, Cianjur - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur sedang mengusulkan tiga cagar budaya masuk tingkat provinsi dan nasional. Tiga cagar budaya itu yakni, Situs Megalitikum Gunung Padang, Situs Pasir Pogor, serta Situs Bukit Tongtu.

Kepala Bidang Kesenian dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Anto Susilo menuturkan, dari tiga cagar budaya yang diusulkan ke tingkat provinsi dan nasional itu, Situs Megalitikum kemungkinan besar masuk dalam cagar budaya nasional. Dalihnya, satu di antara indikator cagar budaya nasional adalah skala kepentingannya.

"Kami yakin kalau Situs Megalitikum Gunung Padang bisa masuk cagar budaya nasional," kata Anto di Kompleks Pemkab Cianjur, Selasa (20/8/2013).

Di Kabupaten Cianjur sendiri terdapat sebanyak 20 cagar budaya. Sembilan di antaranya merupakan situs. "Penetapan cagar budaya itu sendiri melalui proses kajian dari tim yang terdiri dari beragam ahli disiplin ilmu," katanya.

Sembilan situs yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya itu yakni Situs Gunung Padang, Situs Pasir Pogor, Situs Bukit Tongtu, Megalit Bukit Kasur, Megalit Gunung Putri, Situs Lemah Duhur, Situs Pasir Manggu, Situs Pasir Gada, dan Megalit Ciranjang. Sedangkan cagar budaya lainnya, seperti Istana Presiden, Pendopo, Rumah dr Toki, Kantor Pos Giro, Stasiun Kereta Api, Gedung Ampera, PLTA Cugenang, Maenpo, Mamaos, Wisma Karya, dan Polsek Pacet," paparnya.

Seluruh cagar budaya tersebut sudah mendapatkan ketetapan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Cianjur. Penentuan cagar budaya ini ditetapkan sebelum terbitnya undang-undang baru, yakni Undang-Undang Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya.

"Dalam undang-undang itu menyebutkan bahwa tim penentu cagar budaya harus memiliki sertifikasi. Kita sebetulnya tidak memilik tim penentu cagar budaya yang bersertifikasi. Tapi secara keseluruhan, dalam proses penentuan cagar budaya di Cianjur sudah memenuhi aturan yang ada, bahkan dijadikan percontohan bagi daerah lain," terangnya. [gin]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
LAGA PENENTUAN
PERSIB menjamu Persebaya di leg kedua babak delapan besar ISL. Kemenangan bakal membawa Maung Bandung ke semifinal.
ASPIRASI + Indeks