Sabtu, 20 September 2014 | 10:54 WIB
LINTAS JABAR

Quick Count PKS, Rudi-Helmi Ungguli 9 Calon Lain

Oleh: Zainulmukhtar
Priangan - Minggu, 8 September 2013 | 19:45 WIB
Kendati hasil penghitungan suara Pilbup Garut 2013 masih berlangsung, Rudi Gunawan-Helmi Budiman mengklaim memenangkan suara terbanyak dibandingkan 9 paslon lainnya - inilah.com/Zainulmukhtar


INILAH.COM, Garut - Kendati hasil penghitungan ril suara pemungutan suara Pilbup Garut 2013 masih berlangsung, pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Garut, Rudi Gunawan-Helmi Budiman, mengklaim memenangkan suara terbanyak dibandingkan 9 paslon lainnya. Hal itu diketahui berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan Tim Quick Count Humas DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Garut, Minggu (8/9).

Akan tetapi target mereka memenangkan Pilbup Garut 2013 dalam satu putaran dengan perolehan suara lebih dari 30% diperkirakan gagal. Paslon yang diusung PBB, Gerindra, dan PKS itu pun bersiap memasuki putaran dua dan siap memenangkannya.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Rudi-Helmi, Mamat Rahmat Soleh, berdasarkan hasil hitung cepat dilakukan, hingga sekitar pukul 18.00 WIB, hasil suara sudah masuk sebanyak 75,24% dari jumlah sampel TPS sebanyak 600 TPS yang tersebar di lima Daerah Pemilihan (Dapil). Berdasarkan hitungan tersebut, suara yang diperoleh Rudi-Helmi mencapai 26,57%, di atas 9 paslon lainnya.

Diperkirakan, pasangan nomor urut 8 itu akan bersaing kuat dengan pasangan nomor urut 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur (PPP, PKB) yang memperoleh suara sekitar 22,32%.

"Memang belum seratus persen masuk. Tapi tampaknya kecenderungannya tak akan ada tren perubahan signifikan. Meskipun sebenarnya sejak awal kita bertekad memenangkan satu putaran, tapi realitasnya kecenderungan dua putaran," kata Mamat saat jumpa pers di kantor DPD PKS Garut, Jalan Pembangunan.

Kendati diakui putaran kedua akan sangat berat bagi Rudi-Helmi, timnya sudah menyiapkan mental untuk berpartisipasi dalam putaran dua. Konsolidasi akan terus dilakukan, terutama dengan 3 partai pengusung, PBB, Gerindra, dan PKS.

Hal senada dikatakan Cabup Garut, Rudi Gunawan. Dirinya bersama pasangannya, Helmi Budiman, memperoleh suara signifikan di kawasan perkotaan, terutama Dapil Garut 1, dan beberapa daerah dekat perkotaan. Sedangkan di Dapil 2,3, dan 4, perolehan suaranya menyebar karena partisipasi masyarakatnya relatif kecil.

"Kami tentu akan menjalin hubungan dengan partai lain. Delapan calon tak ikut proses putaran 2, mereka juga punya pendukung suara luar biasa. Ini mengharuskan kami menjalin komunikasi politik," tegas Rudi.

Rudi memperkirakan, partisipasi masyarakat pada putaran pertama Pilbup Garut 2013 terbilang rendah, hanya mencapai sekitar 55% dari total hak pilih lebih dari 1,7 juta jiwa.

Kesiapan memasuki putaran dua juga dinyatakan Cawabup Garut, Helmi Budiman. "Kita di angka 26,57% persen. Berarti kita unggul atau menang pada putaran pertama. Tentunya kami ucapkan terima kasih pada seluruh kader, simpatisan, partai pendukung maupun pengusung, relawan, dan seluruh masyarakat Garut atas partisipasinya dalam Pilkada Garut ini. Kami juga tentu harus menyiapkan diri memasuki putaran dua," ujar Helmi.

Berikut hasil selengkapnya hasil hitung cepat Tim Quick Count Humas DPD PKS Garut atas hasil suara Pilbup Garut 2013.

Pasangan nomor urut 1, Dedi Suryadi-Deddy Supriadi Dores mendapatkan suara sebanyak 4,28%, pasangan nomor 2, Yamin Supriatna-Dadan Ramdani sebanyak 5,09%, pasangan nomor 3, Sirojul Munir-Iwan Suwarsa sebanyak 4,79%, pasangan nomor 4, Memo Hermawan-Ade Ginanjar (PDIP, Golkar) sebanyak 16,11%, pasangan nomor 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur (PPP, PKB) sebanyak 22,32%, pasangan nomor 6, Nadiman-Holil Aksan Umarzen sebanyak 1,92%, pasangan nomor 7, Saeful Anwar-Serli Besi (PAN, Hanura) sebanyak 8,15%, pasangan nomor 8, Rudi Gunawan-Helmi Budiman (PBB, Gerindra, PKS) sebanyak 26,57%, pasangan nomor 9, Ahmad Bajuri-An an Kusmardian (Demokrat) sebanyak 5,77%, dan pasangan nomor 10, Dede Kusdinar-Endang Suryana sebanyak 4,2%.[ang]

Berita Lainnya
1 Komentar
dayat hidayat @ Senin, 9 September 2013 | 09:20 WIB saya ucapkan terima kasih atas solidnya tim sukses kang rudi dan kang helmi, untuk itu blusukan ke kantong-kantong pendukung calon lain harus semakin di tingkatkan untuk meraih suara yang lebih banyak, koordiansi tim harus di tingkatkan, kami dkk meskipun tidak terjun langsung berkompanye secara langsung karena terikat pekerjaan tetap selalu mendukung. selamat berjuang kang untuk putaran berkutnya...... semoga sukses
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Jabar Awali Sejarah Monorel
SOFT launching monorel mewarnai pesta rakyat De Syukron 4 di Gedung Sate, Jumat (19/9). Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap monorel tahap pertama rampung 2017.
ASPIRASI + Indeks