Sabtu, 25 Oktober 2014 | 08:25 WIB

Gedebage, Pusat Terminal Monorel Bandung Raya

Oleh: Jaka Permana
Bandung raya - Rabu, 2 Oktober 2013 | 13:38 WIB
istimewa

INILAH.COM, Bandung - Terminal pembangunan monorel di Bandung Raya akan dipusatkan di Kawasan Bandung Timur, tepatnya di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, seluruh moda transportasi akan dipusatkan di Gedebage, Kota Bandung."Seluruhnya akan dipusatkan di Gedebage," ujarnya di salah satu kafe di Jalan Cisangkuy, Kota Bandung, Rabu (2/10/2013).

Heryawan menjelaskan, ada lima fase pembangunan moda transportasi massal berbasis monorel itu. Yakni fase pertama Gedebage-Tanjungsari, fase dua Gedebage-Soreang, fase tiga Gedebage-Kabupaten Bandung Barat, Fase empat Gedebage-Majalaya dan Fase lima Gedebage-Dago.

"Dalam pembangunan infrastruktur, Pemprov Jabar tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Jika sudah dioperasikan kita hanya mengatur tarif saja sehingga harganya terjangkau," jelas Heryawan.

Sementara, CEO Panghegar Grup, Cecep Rukmana menuturkan, penempatan pusat terminal Gedebage sudah sesuai dengan hasil peninjauan lapangan. Pasalnya, di kawasan tersebut masih banyak lahan kosong yang layak dibuat terminal.

"Ini sudah berdasarkan pengamatan," jelas Cecep.

Selaku pengusaha swasta yang ditunjuk Pemprov Jabar, Cecep mengaku, pembangunan monorel ini murni bisnis. Dari 40 proyek yang diajukan, hanya 23 yang dipilih.

"Kami berharap yu kita dukung proyek bersama. Ini kami jadikan proyek murni bisnis, monorel itu untuk publik. Tapi dalam pengelolaanya privat. Ini menjadikan contoh pembangunan infrastruktur yang didukung swasta," jelas Cecep. [rni]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
TARIK-ULUR KABINET JOKOWI
PRESIDEN Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya. Ada tarikmenarik kepentingan dalam proses seleksi.
ASPIRASI + Indeks