Rabu, 23 April 2014 | 13:40 WIB
PENDIDIKAN

Jumlah Doktor Indonesia Kalah Dibanding Malaysia

Oleh: Reni Susanti
Umum - Senin, 7 Oktober 2013 | 13:11 WIB
ilustrasi

INILAH.COM, Bandung - Saat ini, jumlah doktor di Indonesia kalah dibanding Malaysia. Padahal dulu, Malaysia belajar di Indonesia.

"Jumlah doktor bidang tertentu di Indonesia hanya 98 orang, tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Bandingkan dengan Malaysia, di bidang tersebut, jumlah doktornya mencapai 509 orang," ujar Abdul Kahar, Direktur Pendanaan Kegiatan Pendidikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI kepada INILAH, belum lama ini.

Kahar menjelaskan, kondisi ini berpengaruh bagi pendidikan di Indonesia. Semakin banyak Indonesia memiliki doktor, maka secara tidak langsung pendidikan Indonesia semakin maju.

"Rupanya Indonesia bukan cuma kalah dalam sepak bola dengan Malaysia, tapi jumlah doktor juga kalah," ungkapnya.

Untuk itu, sambung Kahar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah berlari menciptakan doktor. Tahun 2015 mendatang, Kemendikbud menargetkan 10.000 doktor teknik dengan beberapa upaya, salah satunya memperluas kesempatan beasiswa di dalam maupun luar negeri. [rni]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
KPK Bidik BCA
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan dugaan manipulasi pajak BCA. Dalam waktu dekat, lembaga antirasuah itu bakal memeriksa pejabat BCA.
KARIKATUR + Indeks