Rabu, 26 November 2014 | 13:18 WIB

DPRD Cimahi Setuju UMK 2014 Naik Jadi Rp2,7 Juta

Oleh: Fuad Hisyamudin
Bandung raya - Rabu, 23 Oktober 2013 | 20:25 WIB
Buruh meminta UMK Cimahi naik menjadi Rp2,7 juta pada 2014. - inilah.com/fuad hisyamudin

INILAH.COM, Cimahi - Aksi demonstrasi yang dilakukan ratusan buruh di depan Kantor DPRD kota Cimahi berakhir manis. DPRD Kota Cimahi menyetujui tuntutan buruh untuk menaikkan Upah Minimum Kota (UMK) Cimahi 2014 menjadi Rp2,7 juta.

Ketua DPRD Kota Cimahi, Ajang Rahman, mengatakan, pihaknya secara prinsip mendukung penuh tuntutan para buruh ini. Apalagi dia mengaku, dirinya secara pribadi pernah menjadi buruh selama 16 tahun, sehingga sangat merasakan perjuangan para kaum pekerja ini.

"DPRD sangat mendukung dan setuju dengan tuntutan para buruh ini. Aspirasi saudara, yang menuntut kenaikan kenaikan 100 persen UMK untuk kesejahteraan kami sangat setuju. Ini kan untuk kesejahteraan warga Cimahi juga. Jangankan Rp2,7 juta, Rp5 juta juga kami setuju," jelasnya.

Anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Cimahi, Sugeng mengatakan, besaran UMK tersebut sudah sangat rasional.

"Ini angka yang rasional, sudah dihitung berdasarkan perkiraan inflasi," kata Sugeng dalam audiensi yang digelar di sela-sela aksi.

Tak hanya tuntutan UMK, mereka juga menyampaikan sejumlah unek-unek, seperti BPS Kota Cimahi tidak memiliki data koreksi pekerja di Cimahi, banyaknya pengusaha yang nakal, dan kaum pekerja yang merasa dianaktirikan oleh pemerintah.

"Kami juga menuntut pemerintah mencabut Inpres No 9/2013 tentang Pelaksanaan Upah Minimum, perubahan parameter KHL, Permenaker No 13/2012 harus disesuaikan dengan kondisi objektif buruh yang sudah berkeluarga, dan Pemkot Cimahi harus menetapkan klasifikasi kelompok usaha di Kota Cimahi," jelasnya.

Mengenai tuntutan ini, Ajang mengaku siap meneruskan aspirasi para buruh. Dia mengaku akan membuat rekomendasi kepada pemerintah pusat agar dapat mempertimbangan Inpres tentang pelaksanaan upah minimum.

"Akan saya tandatangani keinginan saudara-saudara," ujarnya yakin. [hus]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
PARTAI GOLKAR PECAH
SUHU politik di tubuh Partai Golkar memanas. Di tengah persiapan rapat pleno antarpetingggi Partai Golkar, dua kubu Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) terlibat bentrok.
ASPIRASI + Indeks