Minggu, 23 November 2014 | 12:35 WIB

Besaran UMK Kota Bandung Ditentukan Besok

Oleh: Dery FG
Metro bandung - Selasa, 12 November 2013 | 09:51 WIB

INILAH, Bandung - Besok, Rabu (13/11/2013) upah minimum kota (UMK) Bandung tahun 2014 akan ditentukan. Dewan Pengupahan Kota Bandung akan menggelar pertemuan tripartit antara Pemkot Bandung, buruh, dan pengusaha, untuk membahas dan memutuskan besarannya.

"Besok kita akan menggelar tripartit untuk menemukan kata sepakat. Jadi bisa ketahuan UMK tahun depan. Yang kemarin hanya usulan dan perkiraan," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung Kamalia Purbani di kantornya Jalan Martanegara, Selasa (12/11/2013).

Kamalia yang juga menjabat Ketua Dewan Pengupahan Kota Bandung menyatakan, sebelum penentuan UMK, pertemuan juga akan membahas Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kota Bandung. Kemudian KHL akan menjadi ajuan dalam menentukan besaran UMK.

"Pembahasan KHL dan UMK Kota Bandung tahun 2014 dibahas secara bersamaan. KHL sebagai acuan untuk penetapan UMK," tuturnya.

Hasil penetapan, lanjut Kamalia akan dibawa Dewan Pengupahan ke Wali Kota Bandung sebagai rekomendasi besaran UMK tahun 2014. Rekomendasi tersebut selajutnya diserahkan pada Gubernur Jawa Barat.

Dia menyebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sempat melontarkan angka Rp1,8 juta sebagai UMK Bandung. Namun angka tersebut merupakan perkiraan karena penetapan hanya dilakukan melalui rapat tripartit Dewan Pengupahan Kota Bandung. [ito]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
UJIAN PERTAMA MERAH-PUTIH
PERJUANGAN Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014 dimulai, Sabtu (22/11) petang WIB. Tuan rumah Vietnam jadi tantangan pertama skuat Merah-Putih.
ASPIRASI + Indeks