Rabu, 20 Agustus 2014 | 11:49 WIB
LINTAS JABAR

22 Kecamatan di Karawang Rawan Banjir

Oleh: Asep Mulyana
Pantura - Senin, 25 November 2013 | 17:46 WIB
inilah/Bambang Prasethyo

INILAH.COM, Karawang – Sebanyak 22 dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang rawan banjir saar musim hujan. Mengingat sejumlah kecamatan tersebut mayoritas berada di dataran rendah. Sehingga, potensi untuk kebanjirannya pun cukup tinggi.

Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, Samsuri meminta masyarakat waspada bencana tahunan, salah satunya banjir. Menurut dia, setiap musim hujan sebagian wilayah kerjanya sering tergenang air. Genangan air tersebut, akibat meluapnya air Sungai Citarum serta sungai lainnya yang melintasi wilayah Karawang.

"Banjir sudah menjadi bencana tahunan. Bahkan, setiap tahunnya warga Karawang selalu disibukan oleh bencana ini,”ujar Samsuri, Senin (25/11/2013).

Untuk itu, terang dia, Pemkab Karawang harus sejak dini melakukan sejumlah antisipasi. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu berkoordinasi dengan PJT 2 Jatiluhur yang juga sebagai pengelola pengelola Bendung Walahar, di Kecamatan Klari.

Karena, merujuk pada fungsinya, Bendung Walahar merupakan infrastruktur peninggalan Belanda yang berfungsi untuk mengatur tinggi muka air (TMA). Jadi, salah satu kunci untuk meminimalisasi kebanjiran, dengan terus mengawasi ketinggian air di Bendung Walahar tersebut.

“Kami sudah melakukan koordinasi sejak dini. Kami berharap, PJT 2 Jatiluhur sebagai pengelola Bendung Walahar bisa segera memberikan informasi yang akurat bila sewaktu-waktu TMA naik. Karena informasi ini sangat berguna bagi masyarakat. Terutama, mereka yang tinggal di dekat bantaran Sungai Citarum serta anak sungainya,” jelas dia. [hus]

0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
DJIBRIL COMEBACK
MAUNG Bandung murka. Firman Utina dkk menggasak Persijap Jepara 5-0. Laga itu juga jadi pembuktian striker Persib Djibril Coulibaly.
KARIKATUR + Indeks