Selasa, 23 September 2014 | 01:14 WIB
POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Pelantikan Bupati-Wabup Garut 23 Januari 2014

Oleh: Zainulmukhtar
Jabar - Selasa, 26 November 2013 | 17:18 WIB
istimewa

INILAH.COM, Garut - Ketua KPU Kabupaten Garut Aja Rowikarim menegaskan, Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilbup Garut 2013 putaran kedua di Gedung Intan Balarea pada Senin (26/11) sah. Walaupun, berita acara-nya tak ditandatangani saksi pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Garut nomor 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur Amin (AKUR).

"Meskipun saksi nomor 5 walk out dan tak menandatangani berita acara, rekapitulasi tetap sah. Pasangan nomor 8 Rudy Gunawan-Helmi Budiman ditetapkan sebagai pemenang Pilbup Garut 2013 putaran kedua," tegasnya.

Berkaitan munculnya gugatan Tim AKUR ke Mahkamah Agung (MA), dan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dugaan pelanggaran dan hasil putusan KPU atas Pilbup Garut 2013 putaran kedua, Aja menyatakan, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, tersedia waktu tiga hari untuk melakukan gugatan bagi pasangan yang merasa keberatan atau dirugikan. Gugatan diajukan terhitung setelah Penetapan Hasil Pilbup Garut 2013 putaran kedua.

"Jadi, kita tunggu 3 hari setelah penetapan ini. Kita juga tetap menunggu, ada atau tidak ada gugatan, pada 20 Desember nanti Pemerintah Daerah Garut tetap harus mempersiapkan untuk pelantikan, sesuai jadwal tahapan. Insya Allah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Garut terpilih dilantik 23 Januari 2014," kata Aja.

Seusai KPU Garut menetapkan pasangan Rudy-Helmi sebagai pemenang putaran kedua, pasangan ini langsung mengucap syukur. Keduanya saling bersalaman dan berangkulan dengan sejumlah pendukungnya dalam suasana penuh kegembiraan.

Kepada wartawan, Rudy Gunawan sempat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Garut yang telah melaksanakan Pilbup Garut 2013 dengan aman dan damai. "Kalau ada gugatan, ya itu hak mereka. Gugatan pun kan bukan ke nomor 8 (Rudy-Helmi), tapi pada putusan KPU," terang Rudy.

Seusai Rapat Pleno KPU pada sekitar pukul 15.30 WIB, pasangan Rudy-Helmi langsung diamankan aparat kepolisian menuju Markas Polres Garut dengan kendaraan baraccuda. [rni]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Gagal Panen Hantui Petani
KEMARAU memang belum lama, namun kekeringan sudah melanda Jabar. Di Kabupaten Bandung Barat (KBB), puluhan hektare sawah gagal panen.
ASPIRASI + Indeks