Kamis, 24 April 2014 | 04:29 WIB
LIFE STYLE

Ekowisata di Dusun Bambu Bandung Barat

Oleh: Doni Ramdhani
Pariwisata - Selasa, 14 Januari 2014 | 05:52 WIB
inilah.com/doni ramdhani

INILAH.COM, Bandung - Kini, wisatawan yang berniat berkunjung ke Bandung Raya bisa mencoba tempat wisata alternatif. Namanya, Dusun Bambu yang terletak di kawasan Bandung Utara (KBU).

Tepatnya, kawasan yang dibangun selama empat tahun itu terletak di Jalan Terusan Kolonel Masturi KM 13 Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Banudung Barat (KBB). Patokannya, jalan yang menuju ke arah latihan Kopassus di Gunung Burangrang.

Ronny Lukito, Direktur Dusun Bambu menyebutkan kawasan tersebut mengusung ecotourism sebagai tema besar.

"Kita mengambil nama Dusun Bambu, karena memang di sini kita menanam beberapa jenis bambu yang ada di Indonesia," katanya kepada wartawan saat jumpa pers, Senin (13/1/2014).

Menurutnya, sejauh ini baru 58 jenis bambu yang ditanam di lahan seluas 15 ha. Dia mengatakan, visinya di kawasan tersebut akan tertanam seluruh jenis bambu di Indonesia yang terhitung sebanyak 112 jenis bambu.

"Untuk bambu ini, seluruhnya Indonesia memiliki 112 jenis. Indonesia sendiri merupakan nomor kedua terbesar yang memiliki jenis bambu terbanyak setelah Cina," ujarnya seraya menyebutkan dari 112 jenis di Indonesia itu paling banyak berada di Provinsi Jawa Barat.

Sesuai dengan tema ecotoruism, Ronny menyebutkan pihaknya mengembangkan bangunan dengan konsep arsitektur hijau. Selain itu, di kawasan tersebut memiliki danau resapan dan lahan yang berguna untuk konservasi lingkungan.

"Dalam pengembangan tempat wisata ini kita mengedepankan unsur edukasi. Dalam konsep ecotourism sendiri harus ada unsur ekologi, etnologi, dan ekonomi yang melibatkan warga sekitar. Dalam pengembangan Dusun Bambu ini kita menambahkan unsur estetika, etika, dan edukasi," tutur Ronny.

Ditambahkan, rencananya Dusun Bambu akan diresmikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada Kamis (16/1/2014) mendatang. [hus]

Berita Lainnya
0 Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAHKORAN.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
KPK Bidik BCA
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan dugaan manipulasi pajak BCA. Dalam waktu dekat, lembaga antirasuah itu bakal memeriksa pejabat BCA.
KARIKATUR + Indeks