2021, Banznas Cirebon Sudah Kucurkan Rp 13, 9 Miliar

Baznas Kabupaten Cirebon kembali kucurkan bantuan kepada Pemkab . Selama 2021, Baznas sudah mengucurkan Rp 13,9 miliar.

2021, Banznas Cirebon Sudah Kucurkan Rp 13, 9 Miliar
Bupati Cirebon Imron menerima bantuan Rp15 juta dari Baznas untuk pembangunan Rutilahu.

INILAHKORAN, Cirebon- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon kembali kucurkan bantuan kepada Pemkab Cirebon. Selama 2021, Baznas sudah memberikan bantuan Rp13,9 miliar.

Penyerahan bantuan dari Baznas tersebut dilakukan di Pendopo Bupati Jalan Kartini Kota Cirebon, Senin 13 Desember 2021, dan langsung diterima Bupati Cirebon Imron.

Bupati Cirebon, Imron, mengatakan, Baznas mempunyai peran penting dalam membantu pemerintah daerah. Baznas selalu hadir dalam penyelesaian permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Siap-siap, Ujikom Esselon IV Pemkab Cirebon Tinggal Menghitung Hari

"Baznas ini lininya banyak, baik sosial, budaya, kesehatan, rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan lainnya. Semuanya bisa dilakukan baznas," kata Imron dalam sambutannya.

Imron menjelaskan, Pemkab Cirebon sangat terbatas dalam hal bantuan. Sebab, setiap pengajuan bantuan membutuhkan proses yang cukup panjang. Sementara, masyarakat sangat membutuhkan dan perlu penanganan cepat.

"Kalau lewat Pemkab Cirebon mengajukan sekarang, belum tentu bulan depan dapat, karena butuh proses yang panjang. Tetapi kalau lewat Baznas, jika persyaratan sudah cukup, bisa langsung disalurkan bantuannya,"  ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Napi Lapas Narkotika Cirebon Jalani Screening HIV AIDS

Menurutnya, untuk Rutilahu di Kabupaten Cirebon mencapai 10 ribu lebih. Bahkan, setiap tahunnya baru bisa 700 rutilahu yang terselesaikan. Masalahnya, saat pandemi semua anggaran terkena dampak recofusing. Artinya, bantuan yang ada banyak pengurangan karena dialihkan untuk anggaran covid.

"Sekarang masih pandemi Covid-19,  sehingga anggaran semuanya terkena recofusing. Jadi penanganan bantuan untuk rutilahu jadi terkendala," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfudz mengatakan, pada tahun 2021 Baznas telah menyalurkan kurang dari Rp 14 miliar untuk warga Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Mantan Wabup Cirebon Gota Dinyatakan Bebas Bersyarat

Dia menyebutkan, ini capaian yang sangat luar biasa. Sebab, lima tahun ke belakang penyaluran Baznas hanya dua miliar rupiah saja.

"Tahun 2021 ada Rp13.983.000.000 untuk bantuan keagamaan, sosial, budaya, kesehatan dan rutilahu ," jelasnya.

Budiman menambahkan, untuk tahun 2022, pihaknya berharap pemasuk dari sumber ASN bisa lebih meningkat.

Baca Juga: Pemkab Cirebon Terima Bantuan APD Dari BNPB

Kalau saja semua ASN menyetorkan zakatnya ke Baznas, kemungkinan anggaran  semakin tinggi dan penyaluran bantuan kepada masyarakat lebih maksimal.

"Tahun depan diharapkan semua ASN zakatnya di Basnas. Misalkan anggaran tiga bulan sudah terkumpul, Baznas bisa langsung menyalurkan kepada masyarakat," tukasnya. *** (Maman Suharman)


Editor : inilahkoran