• Headline

    Ajay Khawatir Tutup Pabrik Pembuang Limbah

    Oleh : Ahmad Sayuti15 Mei 2018 18:06
    INILAH, Cimahi- Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengaku dilematis untuk menutup pabrik atau perusahaan yang membandel dan terus membuang limbah. Sebab, akan muncul permasalahan baru yakni pengangguran.

    "Jujur agak dilematis. Bukan tidak bisa keras. Ketika keras, ditutup. Ada problem baru muncul (pengangguran)," katanya kepada wartawan di Gedung Technopark, Jalan Baros, Selasa (15/5/2018).

    Ajay mencontohkan satu pabrik memiliki 300 hingga 400 karyawan. Jika pabrik tersebut ditutup, mereka pulang ke rumah tidak memiliki apapun, dan pengangguran akan menjadi masalah baru.

    Ajay tak menampik sejauh ini masih banyak perusahaan di Kota Cimahi yang berlaku nakal, dengan membuang limbah secara langsung ke sungai tanpa melalui proses IPAL yang baik.

    Imbasnya, pabrik di Kota Cimahi menjadi salah satu penyumbang pencemaran DAS Citarum.

    "Makanya kita tak bosan-bosan terus mengajak, khsususnya pelaku industri yang ada limbah bersama-sama agar tidak membuang limbah dan bagaimana caranya lingkungan menjadi baik," ujarnya.

    Selain itu politisi PDIP ini pun mengaku ada rentan waktu tiga bulan bagi para pengusaha untuk memperbaiki IPAL-nya, sebagaimana instruksi Presiden. Jika memang dalam batas waktu yang ditentukan, maka bakal ada sanksi tegas.


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT