• Headline

    Resmi Batal, Persib Tak Persoalkan Laga Melawan Persebaya Ditunda

    Oleh : Yogo Triastopo14 Mei 2018 20:42
    INILAH, Bandung - Aksi teror teroris di ibu kota Surabaya dalam kurun waktu dua hari terakhir berimbas kepada Persebaya Surabaya. Bajul Ijo dipastikan batal menjamu Persib Bandung di pekan ke sembilan Liga 1 2018.

    Hal ini dikemukakan langsung Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persebaya Whisnu Sakti Buana. Laga yang seharusnya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 19 Mei, terpaksa ditunda lantaran kondisi keamanan.

    "Apa yang terjadi di luar dugaan dan kemauan semua orang. Jadi, dengan melihat kondisi terakhir keamanan, pihak kepolisian sudah memutuskan tidak mengeluarkan izin melawan Persib," kata Wishnu dikutip dari situs resmi.

    Menurut dia, upaya mendapat izin keamanan sebetulnya sudah dilakukan sejak pekan lalu. Tetapi, aksi teror bom yang terjadi sejak Minggu (13/5/2018) membuat pihak kepolisian berpikir ulang.

    "Kita sudah berkonsultasi dengan liga terkait hal ini dan secara resmi, laga melawan Persib ditunda. Jadwal baru sudah menjadi tanggung jawab liga," ucapnya.

    PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi merespon cepat terkait kondisi tersebut. Melalui Surat (177/LIB/V/2018), operator telah menerbitkan surat penundaan pertandingan Persebaya Vs Persib.

    "Dengan melihat kondisi keamanan yang terjadi, menurut kita kondisi itu sudah termasuk kategori force majeure. Jadi, laga Persebaya melawan Persib kita putuskan tidak bisa digelar sesuai jadwal," kata Tigorshalom Boboy Chief Operating Officer PT LIB.

    PT LIB, dituturkan dia akan mencari waktu yang pas untuk menggelar kembali pertandingan pekan ke sembilan liga untuk ke dua tim tersebut. Selambat-lambatnya penetapan jadwal baru disampaikan pada 24 Mei mendatang.

    "Kita berharap kondisi keamanan di Kota Surabaya dan nasional bisa segera kondusif," ucapnya.

    Kubu Persib Bandung merespon positif terkait kabar pengunduran laga melawan Bajul Ijo. Asisten pelatih Fernando Soler menyampaikan tidak terkendala terkait mundurnya jadwal pertandingan.

    "Lebih bagus dimundurkan, bukan untuk kita karena kita sudah siap. Ini harus mundur karena keputusan untuk keamanan semuanya. Saya pikir lebih bagus mundur menunggu situasi kembali normal," kata Soler.

    Menurut dia, perubahan jadwal laga juga bukan berimbas hanya kepada laga antara Persebaya Surabaya dan Persib Bandung. Dia mendapat kabar bahwa sejumlah daerah lainnya mendapat imbas serupa.

    "Tadi saya dengar ada masalah di Jakarta dan Bali juga. Ya semua saya pikir harus respect sama Indonesia. Semua harus bantu bukan hanya satu tim saja. Ini untuk Indonesia. Pengunduran jadwal bisa saja, bukan masalah," ucapnya. [jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT