Aa Umbara Resmi Diberhentikan, DPRD KBB Usulkan Hengky Kurniawan Jadi Bupati Definitif

DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi mengumumkan pemberhentian Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara Sutisna dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di Hotel Lembang Asri, Jumat 7 Oktober 2022.

Aa Umbara Resmi Diberhentikan, DPRD KBB Usulkan Hengky Kurniawan Jadi Bupati Definitif
INILAHKORAN, Ngamprah - DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi mengumumkan pemberhentian Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara Sutisna dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di Hotel Lembang Asri, Jumat 7 Oktober 2022.
Pemberhentian tersebut menyusul diterbitkannya surat Nomor 131.32-5479 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, pada 23 September 2022 oleh Kemendagri.
Aa Umbara Sutisna dijatuhi hukuman penjara oleh Pengadilan Tipikor selama 5 tahun dan dicabut hak politiknya akibat tersandung kasus korupsi Bansos COVID-19 tahun 2020. 
Tak hanya itu, dalam rapat paripurna tersebut Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan juga diusulkan sebagai Bupati Bandung Barat definitif.
Ketua DPRD KBB, Rismanto mengatakan, untuk mengusulkan Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menjadi Bupati Bandung Barat definitif memang perlu ada tahapan atau proses yang dilaksanakan.
"Setelah ini tinggal diproses Gubernur Jawa Barat yang kemudian dilanjutkan ke Kemendagri," katanya kepada wartawan, Jumat 7 Oktober 2022.
Ia menegaskan, setelah melalui paripurna dan pengumuman tadi, tugas DPRD KBB telah selesai. Pasalnya, pihaknya telah menyampaikan berita acara, risalah paripurna dan surat ke provinsi.
"Setelah itu bola bukan di kami tinggal di provinsi dan Kemendagri," ucapnya.
"Sekali lagi ini merupakan langkah normatif dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014," sambungnya.
Kendati demikian, jelas dia, pasca resmi dilantik menjadi Bupati Bandung Barat definitif, Hengky Kurniawan masih memiliki waktu untuk menuntaskan janji politik AKUR.
"Karena bagaimanapun Aa Umbara-Hengky Kurniawan merupakan dua sejoli yang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat terpilih. Maka dari itu, saya kira pak Plt bisa memprioritaskan hal itu," bebernya.
Ia menambahkan, pihaknya bakal melihat sejauh mana pak Hengky bisa merealisasikan janji politiknya sampai akhir masa jabatannya.
Sebab, sambung dia, saat ini realisasi janji politik pasangan Akur masir berjalan.
"Intinya kita beri waktu beliau (Hengky Kurniawan) menunaikan janji-janji politiknya," tandasnya.*** (agus satia negara).


Editor : asayuti