Bandung Punya Penyedia Bibit Tanaman Obat

INILAH, Bandung – Namanya, Taoci (Tanaman Obat Cimenyan), adalah grup pertanian yang didirikan oleh Yayasan Odesa Indonesia untuk mengawal program perbaikan pangan di masyarakat. 

Bandung Punya Penyedia Bibit Tanaman Obat
Ilustrasi

INILAH, Bandung – Namanya, Taoci (Tanaman Obat Cimenyan), adalah grup pertanian yang didirikan oleh Yayasan Odesa Indonesia untuk mengawal program perbaikan pangan di masyarakat. Lokasinya berada di Kampung Sekebalingbing, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Tujuan Taoci adalah pendidikan pertanian bagi para petani agar mampu mendayagunakan kemampuannya untuk menghasilkan produksi pertanian dalam bidang: tanaman obat, tanaman pangan, dan tanaman ekosistem.

“Untuk itu, pembibitan merupakan kerja paling mendasar karena pertanian kita mengalami kelemahan dalam penyediaan bibit-bibit tanaman di atas,” ujar Faiz Manshur, Ketua Yayasan Odesa Indonesia, saat penulis bertemu langsung beberapa waktu yang lalu.

Tanaman obat yang paling utama mendapat prioritas garapan adalah Moringa oleifera (Kelor) karena memiliki beberapa manfaat strategis, yaitu penyedia gizi multivitamin (sumber pangan penting manusia, bahkan bagi ternak) memiliki nilai untuk pengobatan beragam penyakit (sumber pengobatan alami) dan juga berguna untuk ekosistem karena kemampuannya memperbaiki tanah dan air.

Grup Taoci secara bertahap juga mengembangkan tanaman obat lain seperti Buah Tin/Ara, Bunga Matahari, Hanjeli, Sorgum, Kopi, Ginseng Jawa, Anggur, Bidara, Jeruk, Daun Afrika, Durian, Mangga, dan lain sebagainya.


Editor : inilahkoran