• Selasa, 5 Juli 2022

May Day di Bandung Rusuh, Ada Aksi Vandal dan Anarki 'Kelompok Hitam'

- Rabu, 1 Mei 2019 | 07:25 WIB
Polisi amankan oknum pembuat kerusuhan saat peringatan May Day di Bandung. (Agung Fitu Budiana)
Polisi amankan oknum pembuat kerusuhan saat peringatan May Day di Bandung. (Agung Fitu Budiana)

INILAH, Bandung- Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Kota Bandung, Rabu (1/5/2019) tercoreng tindakan anarkis dan vandalisme sekelompok pemuda yang memakai pakaian serba hitam di sekitar kawasan Dago.

Kelompok yang didominasi pelajar tersebut, datang dengan merusak beberapa fasilitas publik dan milik warga. Terlebih mereka juga mencoreti kendaraan para buruh yang sedang menggelar aksi di depan Gedung Sate.

Kepolisian langsung datang ke lokasi dan mengamankan mereka di beberapa titik tempat seperti Monumen Perjuangan, dan area Gasibu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan kelompok tersebut bukanlah dari kelompok buruh. Ada indikasi mereka terlibat gesekan dengan para buruh, sehingga perlu dilakukan langkah cepat untuk mengamankan mereka.

"Kami memisahkan mereka agar tidak mengganggu kegiatan May Day, akan ditindaklanjuti sesuai dengan perbuatan yang telah mereka lakukan," katanya.

Lanjut Irman, pihaknya juga akan memanggil pimpinan dari kelompok tersebut. Para anggota yang didominasi pelajar dan mahasiswa, itu juga harus ditindaklanjuti lebih mendalam.

"Selain merusak fasilitas publik, mencoreti kendaraan dengan pilox, beberapa dari mereka juga terpengaruh minuman keras, kita juga akan dalami hal tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Kasatreskim Polrestabes Bandung AKBP M rifai mengatakan ada beberapa tempat yang menjadi lokasi pengrusakan terhadap kendaraan, fasilitas publik, dan pemukulan terhadap masyarakat .

"Sementara masih didalami, karena niat mereka merusak, kami temukan senjata tajam, pylox, bahkan minuman keras yang sudah diamankan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

X