• Kamis, 26 Mei 2022

Tingkatkan Kualitas PJJ, Disdik Kota Bandung Siapkan Inovasi

- Kamis, 17 September 2020 | 21:30 WIB
Istimewa
Istimewa

INILAH, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung memastikan akan terus meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mulai dari peminjaman sarana pendidikan berupa laptop, tablet maupun ponsel serta pemberian bantuan paket internet bagi peserta didik tidak mampu atau yang terdampak Covid-19.

Hal itu berkaitan dengan Surat Edaran mendikbud No. 4/2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) dan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 37 Tahun 2020 tetang pedoman pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dalam Rangka Pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Menurut Kadisdik Kota Bandung, seluruh elemen di sekolah terus berupaya membantu dan mendorong proses pembelajaran peserta didik baik secara luring maupun daring sejak Maret 2020.

“Alhamdulillah para kepala sekolah dan guru telah melakukan berbagai upaya agar anak tetap mendapatkan pembelajaran," kata Hikmat pada Kamis (17/9/2020).

Tak hanya itu, sejumlah guru juga mendatangi langsung para siswa untuk memberikan pembelajaran. Para guru bahkan mendatangi dari rumah ke rumah.

“Para guru mendampingi peserta didik yang terhambat gadget atau orang tuanya tidak mampu saat PJJ. Para guru datang secara berkala. Jadi saya yakin pendidikan karakter yang ditekankan selama masa pandemi ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Sebagai upaya peningkatan efektifitas pendidikan jarak jauh, Disdik Kota Bandung saat ini sedang mempersiapkan beberapa inovasi. Di antaranya rencana pembukaan hotline konsultasi orang tua terkait pelaksanaan PJJ, parenting class dengan menghadirkan psikolog maupun guru bimbingan konseling.

"Kita sedang upayakan program dan anggaran untuk penyediaan sarana pendukung pembelajaran daring atau intranet ini. Sehingga peserta didik tidak akan terkendala dengan koneksi internet. Karena sistem ini akan menghubungkan siswa dengan aplikasi Sakoja yang telah kita miliki. Jadi bisa dilaksanakan di manapun dan kapanpun di Kota Bandung,” ujar dia.

Perlu diketahui, Sakoja merupakan aplikasi pembelajaran yang didalamnya terdapat berbagai macam bahan ajar serta soal-soal latihan. Aplikasi ini lengkap dengan video pembelajaran serta informasi pendidikan lainnya yang dibutuhkan peserta didik. 

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

X