• Senin, 27 September 2021

Peringati HAN 2021, TK Assalaam Kota Bandung Gelar Dongeng Anak secara Virtual

- Jumat, 23 Juli 2021 | 19:00 WIB
Dongeng yang dipandu oleh pendongeng yang juga Pendiri Badut Necis, Hendayana. (okky adiana)
Dongeng yang dipandu oleh pendongeng yang juga Pendiri Badut Necis, Hendayana. (okky adiana)

INILAH, Bandung - Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap 23 Juli. Meskipun peringatan berlangsung saat pandemi Covid-19, namun tetap bisa memeriahkan melalui secara virtual.

Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Salah satunya adalah, TK Assalaam Kota Bandung. Sekolah yang berpusat di Jalan Sasak Gantung 9, Kota Bandung ini, menggelar dongeng secara virtual. Tampak terlihat, seluruh siswa TK Assalaam mengikuti kegiatan mendongeng yang dipandu oleh pendongeng yang juga Pendiri Badut Necis, Hendayana.

Meski digelar secara virtual, namun keceriaan anak-anak tetap terlihat saat mendengarkan dongeng tentang protokol kesehatan (prokes) dari layar.

Menurut Henda, sapaan akrab Hendayana, mendongeng secara virtual tidak menjadi hambatan bagi dirinya untuk bercerita dengan interaktif bersama anak.

"Meskipun kalau bisa memilih lebih enak show langsung di depan anak, tapi ini bukanlah halangan," ungkapnya, Jumat (23/7/2021).

Ia menjelaskan, dongeng menjadi salah satu metode terbaik untuk mengedukasi anak. Selain itu, dongeng juga menjadi sarana praktik baik bagi anak. Misalnya, melalui dongeng yang baru saja ia lakukan.

"Ini lebih kena. Cara menerapkan prokes ke anak pun akan lebih mudah dihafal jika didongengkan, ketimbang cuap-cuap saja," ujarnya.

Dongeng juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Antara lain, mengembangkan kecerdasan bahasa, mengasah ketajaman memori, mendukung imajinasi serta mengajarkan kecerdasaan sosial dan emosional.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Foto: Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kota Bandung 2021

Senin, 27 September 2021 | 16:47 WIB

Seleksi PPPK dan CASN Kota Bandung Dimulai Hari Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:33 WIB

Keren, Ikon Kota Bandung Jadi Motif Batik di HJKB ke-211

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Pemkot Bandung Minta Apotek Sediakan Ruang Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:32 WIB
X