• Jumat, 17 September 2021

PPKM Level 4, Ini Kebiasaan Baru Pembeli di Warung Makan

- Selasa, 27 Juli 2021 | 16:20 WIB
Foto: Yogo Triastopo
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (PPHD) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Idris Kuswandi mengatakan, layanan take away menjadi pilihan pembeli saat ini. 

"Pembeli lebih memilih membawa pulang makanannya dibanding makan di tempat di masa PPKM level 4 ini," kata Idris di Balai Kota Bandung, Selasa (27/7/2021). 

Menurutnya, layanan take away dipilih pembeli karena kenyamanan. Pembeli tak lagi harus terburu-buru dengan waktu, dan memikirkan batas kuota di setiap kali ingin makan di tempat atau dine in.

"Dengan aturan makan 20 menit dan paling banyak tiga orang, sulit diterapkan. Akhirnya banyak pembeli memilih layanan take away. Ini berdasarkan pantauan kita di lapangan saat PPKM level 4," ucapnya. 

Terlepas itu, Satpol PP Kota Bandung dalam melakukan pengawasan dan penindakan protokol kesehatan (prokes) di masa PPKM level 4, dikatakan dia, lebih mengedepankan humanis dan edukasi. 

Lagi pula, ditambahkan Idris, pelaku usaha dan masyarakat telah disiplin prokes dan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah. Walhasil lebih mudah dalam mengedukasi masyarakatnya. 

"Semua pihak mengikuti aturan, termasuk restoran yang ada di hotel," ujar dia. 

Diketahui, Pemkot Bandung telah mengeluarkan kebijakan baru terkait PPKM Level 4. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 78 Tahun 2021, tentang perubahan atas peraturan Wali Kota Nomor 77 Tahun 2021.

Dalam Pasal 13 poin 7, pelaksanaan kegiatan warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya dapat melayani makan di tempat dengan ketentuan paling banyak tiga orang pengunjung dan waktu makan paling lama 20 menit. (Yogo Triastopo) 

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X