• Sabtu, 16 Oktober 2021

Keren..Ini Aksi Warga Kota warga Bandung Dalam Menghadapi Pandemi

- Selasa, 27 Juli 2021 | 21:00 WIB

INILAH, Bandung,- Keren, langkah warga Kota Bandung dalam menghadapi pandemi patut menjadi teladan bagi daerah lain. Penasaran, inilah beberapa aksi yang digulirkan warga Kota Bandung dengan saling berbagi.

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak tahun 2020 lalu berdampak kepada ekonomi masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Kota Bandung yang kini menjadi episentrum COVID-19 di wilayah Bandung Raya.

Dampak tersebut membuat pemerintah, pebisnis, maupun masyarakat harus putar otak untuk membuat hidup terus berjalan di tengah berbagai keterbatasan karena adanya pembatasan sesuai arahan protokol kesehatan saat pandemi.

Kini berbagai bantuan atau dana stimulus yang dikucurkan pemerintah masih dirasa belum sepenuhnya mampu menutupi kekurangan masyarakat yang mengalami kesulitan dalam hal kesejahteraan.

Pasalnya pada tahun 2020 pun jumlah penduduk miskin di Kota Bandung bertambah menjadi 100 ribu lebih. Padahal sebelumnya pada tahun 2019, jumlah penduduk miskin di Kota Bandung berada di angka 84 ribu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Belum lagi pemutusan hak kerja (PHK) yang dilakukan oleh berbagai perusahaan juga masih belum berhenti di tahun 2021. Sehingga angka kemiskinan di Kota Bandung masih berpotensi mengalami pertambahan setiap detiknya.

Untuk itu, budaya gotong royong atau berbagi kepada sesama menjadi salah satu upaya yang perlu ditularkan dan dimasifkan agar kebutuhan masyarakat dapat terjamin.

Program Bandung Berbagi

Saat diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghitung sebanyak 60 ribu kepala keluarga belum terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang belum terjamah oleh bantuan sosial apapun dari pemerintah.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Terkini

UIN SGD Bandung Jalin Kerja Sama dengan BTN

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Resmi, DLHK Tangani Sampah di Kota Bandung

Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Foto: Inovasi Berkebun di Areal Perumahan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:33 WIB
X