• Minggu, 26 September 2021

BOR RS Turun, DPRD Kota Bandung Minta Masyarakat Tetap Jalani Vaksinasi

- Kamis, 29 Juli 2021 | 13:40 WIB

INILAH, Bandung – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung Tedy Rusmawan meminta masyarakat melakukan vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan (prokes), meski keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit sudah menurun.

Dia besyukur, Kota Bandung bisa sedikit lega dalam menghadapi pandemi ini. Dia berharap, dengan tuntasnya vaksinasi di masyarakat dan ketaatan terhadap prokes, dapat menekan penularan serta timbulnya pasien bergejala baik ringan, sedang maupun berat.

“Yang kita butuhkan saat ini adalah upaya bersama untuk tetap menjaga prokes dan segera di vaksin. Kondisi penurunan BOR di rumah sakit merupakan hasil pencapaian tenaga kesehatan dan juga warga Bandung yang taat prokes,” kata Tedy kemarin.

Dia melanjutkan, dari hasil pantauan di Rumah Sakit Khusus Ibu Anak (RSKIA) Kota Bandung. 150 tempat tidur yang disediakan khusus untuk pasien Covid-19 dan sebelumnya terisi penuh, sudah menurun signifikan. Kini tinggal menyisakan sekitar 50 pasien lagi yang masih ditangani, untuk segera pulih.

Selain itu, kelangkaan oksigen yang sempat terjadi di Kota Bandung diakui Tedy saat ini sudah mulai stabil. Dia pun mengapresiasi para petugas medis, yang sudah bekerja ekstra keras dalam menangani pasien Covid-19 selama beberapa waktu terakhir.

“Pasien di RSKIA saja sekarang di angka 50. Lalu lintas pasien ke IGD juga relatif menurun. Ketersediaan oksigen di Bandung juga sudah mulai stabil. Sekarang tim nakes juga relatif bisa memulihkan energi, menarik nafas dahulu, mudah-mudahan terus terkendali. Apresiasi tinggi bagi tim medis,” ucapnya.

Menyikapi hal ini, Tedy kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melakukan vaksin dan menjalani prokes dalam melakukan aktivitasnya, guna mencegah penularan Covid-19 yang sempat melonjak dan memakan banyak korban seperti beberapa minggu lalu.

“Setelah vaksin, tetap harus memerhatikan 5 M ini, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi aktivitas, menghindari kerumunan, karena tidak menutup kemungkinan potensi varian Delta yang masih terdeteksi,” tutupnya. (Yuliantono)

 

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Pemkot Bandung Akan Kembali Buka Fasilitas Publik

Sabtu, 25 September 2021 | 13:13 WIB

Terkait PTM Terbatas, Harus Ada Evaluasi Dulu

Jumat, 24 September 2021 | 15:16 WIB

Jelang HJKB 211, Oded M Danial Pimpin Doa Bersama

Jumat, 24 September 2021 | 14:05 WIB
X