• Kamis, 9 Desember 2021

Jabar Udunan, Baznas Jabar Gandeng BJB dan Grab Bantu Warga Terdampak Pandemi

- Jumat, 30 Juli 2021 | 16:10 WIB
Foto: Yogo Triastopo
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar Bidang Penghimpunan Rachmat Ari Kusumanto mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dapat terbantu. 

Kali ini, Baznas Jabar menggandeng PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) dan Grab agar turut andil menyukseskan program Jabar Udunan dengan delapan program unggulannya seperti bantuan ekonomi bagi penggali kubur hingga bantuan 1.000 oksigen. 

"Saat ini kita diminta lagi. salah satunya Jabar Udunan dijalankan. Maka kita menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, yakni Grab dan BJB," kata Rachmat di Kantor Pusat BJB, Jalan Naripan Kota Bandung, Jumat (30/7/2021). 

Menurutnya, ada 1.000 mitra Grab yang nantinya akan diberikan stiker yang berisi kode Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) atau QR Code. Penempelan stiker akan membantu pelangan untuk memberikan sumbangan hanya dengan pemindaian QR Code.

"Ada 1.000 mitra Grab yang akan diberikan stiker name tag dan stiker infaknya yang dibuat Bank BJB. Mereka bisa kalo sedekah, tinggal scan saja. QRIS ini di-support BJB dan tiga bulan akan cari 1.000 mitra grab. Lalu mitra Grab akan kita beri dana operasional. Dan khusus yang duafa usia tertentu, kita beri zakatnya seperti Ramadan kemarin," ucapnya. 

Sementara itu, Pimpinan Divisi Hubungan Kelembagaan BJB Isa Anwari mengaku antusias dan bersyukur dapat ikut berperan dalam program Jabar Udunan. BJB akan memberikan dukungan penuh dengan membuat pelayanan sedekah akan semakin mudah. Melalui BJB, penderma atau mereka yang mau bersedekah cukup melakukan scan dan tidak dipungut biaya adiminstrasi.

"Sesuai amanat gubernur, kolaborasi niat tulus luar biasa kita sambut. Kita tentu support stakeholder setempat. Kita punya layanan mudahkan warga sedekah infak lewat QRIS enggak ada biaya dan ini open source. Semua layanan e-money tidak sespesifik QRIS BJB. Nanti tinggal scan aja. Sangat mudah," kata Isa. 

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan penghargaan bagi driver Grab yang paling banyak merangkul penderma atau pemberi sedekah. Hal itu, diharapkan menjadi tambahan motivasi bagi mitra Grab dalam menjaring penderma.

Sedangkan, Manager West Java Area Grab Ade Ihsan Manan mengatakan pihaknya berkomitmen dalam membantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga, Grab turut senang ketika dilibatkan dalam sebuah program yang bertujuan membantu masyarakat.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X