• Minggu, 26 September 2021

KPP Madya Bandung Inisiasi Program Sukarelawan Plasma Darah Konvalesen

- Jumat, 30 Juli 2021 | 16:20 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menginisiasi program penyediaan sukarelawan plasma darah konvalesen di Bandung.

Program ini merupakan program kemanusiaan yang dilatarbelakangi meningkatnya kebutuhan plasma darah konvalesen dimasa pandemi Covid-19. Di aula UTD PMI Kota Bandung, Kepala KPP Madya Bandung Nandang Hidayat menjelaskan dengan program ini pihaknya memfasilitasi para penyintas Covid-19 yang ingin menjadi calon pendonor plasma darah konvalesen.

“Kami ingin turut berkontribusi dalam membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 dan juga memberikan wadah untuk memudahkan teman-teman yang memiliki niat baik untuk menjadi pendonor plasma darah konvalesen,” kata Nandang kepada Tim UTD PMI Kota Bandung, belum lama ini.

Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal Harmini menambahkan, KPP Madya Bandung menyiapkan Tim Program Sukarelawan Plasma Konvalesen yang akan memberikan pendampingan kepada calon pendonor dan berkoordinasi dengan UTD PMI Kota Bandung pada saat pelaksanaan pendaftaran, proses screening sampai dengan proses pengambilan darah. Teknis kegiatan yang perlu dipersiapkan yakni menyiapkan data penyintas Covid-19 yang memenuhi kriteria sebagai calon pendonor plasma.

Terkait program itu, KPP Madya Bandung mengimbau kepada pegawai khususnya penyintas Covid-19 untuk ikut berpartisipasi menjadi relawan sesuai nota dinas Kepala KPP Madya Bandung nomor ND-1023/WPJ.09/KP.11/2021 tanggal 26 Juli 2021 perihal Program Penyediaan Plasma Darah Konvalesen. 

“Ke depannya kami berharap para penyintas Covid-19 lainnya, khususnya keluarga di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak maupun Kementerian Keuangan yang ada di Bandung, dapat bersinergi dengan KPP Madya Bandung baik dalam penyediaan plasma darah konvalesen maupun pendampingan saat pelaksanaan donor darah” ungkap Harmini.

Program ini disambut dengan baik Kepala UTD PMI Kota Bandung Uke Muktimanah. Dia menyebutkan, tidak mudah untuk mendapatkan pendonor plasma darah konvalesen tersebut. 

Uke menjelaskan, terkait donor plasma konvalesen serta kriteria peserta yang dapat menjadi pendonor plasma darah. Donor plasma konvalesen yaitu metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covd-19 yang sedang dirawat.

Untuk syarat menjadi pendonor plasma darah konvalesen diantara sudah sembuh dari Covid19, sehat, bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh, memperlihatkan hasil RT PCR negatif 1 kali, memilki berat badan 55 kg, memiliki rentang usia antara 18 sampai dengan 60 tahun.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Pemkot Bandung Akan Kembali Buka Fasilitas Publik

Sabtu, 25 September 2021 | 13:13 WIB

Terkait PTM Terbatas, Harus Ada Evaluasi Dulu

Jumat, 24 September 2021 | 15:16 WIB

Jelang HJKB 211, Oded M Danial Pimpin Doa Bersama

Jumat, 24 September 2021 | 14:05 WIB
X