• Jumat, 17 September 2021

Sahrul Gunawan Ingatkan Keseimbangan Lingkungan Penting dalam Pembangunan

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 18:10 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengatakan, menjaga keseimbangan lingkungan merupakan hal yang penting dalam proses pembangunan di Kabupaten Bandung. Dia menyebutkan, pembangunan dapat terus berlangsung tanpa harus mengesampingkan kelestarian alam.

Hal tersebut dikatakan Sahrul di sela kegiatan Lokakarya Lingkungan Hidup di Kecamatan Arjasari, Selasa (3/8/2021).

Dengan mengusung konsep pembangunan berkelanjutan, dia meyakini proses pembangunan di Kabupaten Bandung dapat terus berjalan, tanpa mengesampingkan kelestarian alam.

“Pembangunan berkelanjutan dapat diartikan sebagai upaya memenuhi kebutuhan generasi masa kini, tanpa mengorbankan kepentingan generasi yang akan datang. Jika pembangunan terus berjalan tanpa memperhatikan dan memperdulikan keseimbangan alam dan lingkungan, maka yang akan timbul adalah kerusakan dari pada manfaat pembangunan itu sendiri," katanya.

Sahrul mengatakan, kini Pemkab Bandung telah meluncurkan sejumlah program di antaranya Program Kampung Bersih dan Sehat (Bedas). Program tersebut bertujuan untuk mengubah pola dan perilaku masyarakat dalam mengelola kebersihan, keteduhan dan kesehatan lingkungan, serta mewujudkan lingkungan permukiman yang bersih, teduh, indah, sehat dan nyaman.

“Selain itu pemerintah juga telah mencanangkan program revitalisasi sungai di wilayah Cicalengka, Rancaekek, Bojongsoang, Cikancung, Majalaya, dan Solokanjeruk yang bertujuan untuk mengurangi banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Dial berharap, kegiatan Lokakarya Lingkungan Hidup yang digagas Yayasan Raksa Jagat Buana itu dapat menjadi spirit untuk terus melakukan upaya perbaikan kualitas lingkungan hidup. Mengingat, kelestarian lingkungan tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian masyarakat dalam hal ini yayasan Raksa Jagat Buana dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Semoga melalui kegiatan ini muncul gagasan, pemikiran dan inovasi tentang bagaimana kita melestarikan alam. Dengan begitu, Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, agamis, dinamis dan sejahtera akan segera terwujud,” katanya. (Dani R Nugraha)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Sip! 2007 Sekolah di Bandung Sudah Gelar PTM Terbatas

Kamis, 16 September 2021 | 16:06 WIB
X